Tabrakan Mengerikan KA Brantas vs Truk di Semarang, Ini Kata Polisi

Tabrakan Mengerikan KA Brantas vs Truk di Semarang, Ini Kata Polisi
Tabrakan Mengerikan KA Brantas vs Truk di Semarang, Ini Kata Polisi (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Suasana mencekam melanda Jembatan Jalan Madukoro, Semarang, Jawa Tengah, ketika sebuah kecelakaan mengerikan KA Brantas vs Truk mengguncang wilayah tersebut.

Kereta Api (KA) Brantas yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi dari Jakarta menuju Blitar bertabrakan dengan truk trailer, mengakibatkan kobaran api yang membara.

Petugas kepolisian yang segera tiba di tempat kejadian masih terus menyelidiki asal mula api tersebut. Sementara warga setempat mengamati dengan nafas tertahan.

"Itu masih kita dalami penyebab kebakaran," kata Kombes Irwan Anwar, Kapolrestabes Semarang, di lokasi kejadian, Selasa malam (18/7/2023).

Irwan menjelaskan bahwa sumber api masih belum dapat dipastikan, namun dugaan sementara menunjukkan bahwa kepala truk trailer yang berisi bahan bakar minyak (BBM) menjadi pemicu kobaran api tersebut.

"Apakah dari kepala tronton ini yang berisi bahan bakar minyak, kemungkinan dari situ," ujar Irwan.

Kejadian tragis ini bermula ketika truk trailer mendadak mogok di tengah perlintasan kereta api.

"Informasi awal menyebutkan bahwa truk ini tiba-tiba mogok di atas rel kereta api. Kemudian, driver, sopir, dan kernetnya telah berupaya dengan segenap kekuatan meminta tolong kepada petugas palang kereta yang berada di sana," jelas Irwan.

"Namun tidak sempat karena keretanya sudah keburu mendekat, sehingga terjadi kecelakaan," tambahnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun, salah seorang penumpang KA Brantas mengalami luka-luka karena terpaksa melompat dari rangkaian gerbong saat tabrakan terjadi.

Beredar viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan detik-detik tabrakan maut KA Brantas vs Truk di pintu kereta api Madukoro Raya, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023), sekitar pukul 19.20 WIB.

Video tersebut beredar viral di media sosial Twitter dengan narasi serupa.  

"Kecelakaan kereta api yang melibatkan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar dengan sebuah truk terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Jawa Tengah Selasa malam (18/7/2023)," cuit salah satu akun twitter.

KA Brantas menabrak kepala truk trailer tersebut yang melintas dari arah utara ke selatan hingga terbakar.

Sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta tabrak truk tersebut. Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu.