KPK Gandeng Polri Terkait Temuan 15 Senpi di Rumah Dito Mahendra

Penggeledahan di rumah Dito Mahendra.
Penggeledahan di rumah Dito Mahendra. (Foto : Viva)

Antv –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menggeledah rumah Dito Mahendra berhasil menemukan 15 pucuk senjata api. Dari senjata api tersebut diketahui ada 8 unit senjata api berlarasa panjang. Hal tersebut itu diungkapkan oleh Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Kemudian, Ali menegaskan akan melakukan penelusuran terhadap kepemilikan belasan senjata api yang ditemukan di rumah Dito Mahendra itu.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. Lima pistol berjenis glock satu pistol S&W satu pistol Kimber Micro serta 8 senjata api laras panjang," ujar Ali Fikri di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada Jumat 17 Maret 2023.

"Tentu KPK akan dalami lebih lanjut kepemilikan senjata api tersebut termasuk apakah ada kaitan dengan dugaan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) yang saat ini KPK sedang lakukan. Karena kita tahu modus TPPU saat ini begitu kompleks," lanjutnya.

Penyeldikan terhadap Dito Mahendra hingga saat ini, dikatakan Ali, masih terus dilakukan oleh penyidik komisi antirasuah tersebut. Terutama dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) eks Sekertaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

"Bisa jadi membelanjakan menyamarkan menyembunyikan asal usul dari hasil tindak pidana korupsi sebagai predikat crime nya sebagai tindak pidana asalnya yang menjadi kewenangan KPK saat ini," ucap Ali.

Selanjutnya seperti diwartakan Viva.co.id,, setelah menemukan belasan senjata api di rumah Dito Mahendra, kata Ali, KPK langsung akan berkoordinasi dengan Polri.