Badai Salju Serang Yunani, Aktivitas Warga Terganggu

Hujan salju di Yunani.
Hujan salju di Yunani. (Foto : REUTERS)

Antv – Hujan salju lebat dan suhu yang turun drastis menutup sekolah dan sebagian besar toko di Ibukota Yunani, Athena pada Senin (6/2/2023). Akibatnya, banyak warga menuju layanan publik dan bisnis menempuh jarak jauh.

Lalu lintas dihentikan di beberapa jalan pusat dan di jalan yang menghubungkan Athena ke Yunani tengah saat badai melanda seluruh negeri.

Beberapa stasiun metro yang dekat dengan bandara internasional kota juga ditutup dan rute kereta api ke kota utara Thessaloniki dihentikan seperti dikutip dari REUTERS, Selasa (7/2/2023).

Menurut TV ERT negara, pihak berwenang mendesak masyarakat menghindari perjalanan yang tidak penting. Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi 4 orang yang mobilnya terjebak di salju di salah satu pinggiran kota Athena.

Pinggiran utara Athena paling parah terkena hujan salju mengubur jalan-jalan dan kendaraan. Pantai-pantai di pantai Athena terbungkus putih. Sementara, angin kencang menggundang ombak di laut.

Salju lebat jarang terjadi di Ibukota Yunani. Tetapi, kini negara itu dilanda cuaca ekstrem selama 3 musim dingin berturut-turut.

Tahun lalu, ribuan pengendara terjebak selama berjam-jam di salju tebal di jalan lingkar utama ibu kota. Ini menuai kritik publik bahwa pihak berwenang tidak cukup siap.