WNA Hongkong yang Cedera di Diamond Beach Dievakuasi Tim SAR Gabungan

WNA Hongkong Cedera di Diamond Beach Dievakuasi Tim SAR
WNA Hongkong Cedera di Diamond Beach Dievakuasi Tim SAR (Foto : Dok. Humas Basarnas Bali)

AntvTim SAR gabungan Basarnas Bali, Kepolisian, TNI dan BPBD Klungkung mengevakuasi seorang warga negara asing (WNA) berinisial CWV (26) asal Hongkong yang mengalami cedera kaki saat berwisata di Diamond Beach, Nusa Penida, Klungkung, Rabu (14/12/2022).

Seksi Hubungan Masyarakat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali, dalam keterangan tertulis di Denpasar, Rabu menjelaskan, perempuan asal Hongkong tersebut mengalami cedera saat menaiki tangga yang ada di pantai tersebut.

Informasi kejadian tersebut diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) pada pukul 12.20 Wita dari salah seorang pelaku wisata.

Petugas yang mendapat laporan insiden yang melibatkan wisatawan asing tersebut langsung bergerak untuk melakukan pertolongan pertama dengan menerjunkan sejumlah personel. Setidaknya, petugas gabungan dari beberapa instansi tiba di lokasi kejadian sekitar 45 menit setelah kejadian.

"Laporan yang kami terima dari Bapak Sutrisna mengatakan bahwa waktu kejadian sekitar 11.00 WITA, dan korban memerlukan bantuan evakuasi," kata Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/12/2022).

Basarnas Bali setidaknya menggerakkan personel dari Unit Siaga Nusa Penida untuk menuju lokasi kejadian dan tiba pada pukul 13.20 WITA di Diamond Beach, Klungkung.

​​​​​Setelah melakukan penanganan awal dan persiapan evakuasi, WNA tersebut dibawa dengan menggunakan tandu untuk dapat menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan untuk menghindari adanya gangguan yang lebih serius kepada korban.