Paus Fransiskus Akan Bertemu Ulama Top Syiah di Irak

Paus Fransiskus Akan Bertemu Ulama Top Syiah di Irak
Paus Fransiskus Akan Bertemu Ulama Top Syiah di Irak (Foto : )
Paus Fransiskus akan bertemu dengan ulama top Syiah, Grand Ayatollah Ali Sistani, dalam kunjungan pertamanya ke Irak pada Maret mendatang.
Paus Fransiskus akan bertemu dengan ulama top Syiah, Grand Ayatollah Ali Sistani, dalam kunjungan pertamanya ke Irak. Paus dijadwalkan akan berkunjung ke Irak pada Maret mendatang.Dilansir dari
AFP , Kamis (28/1/2021), rohaniwan senior Katolik, Louis Sako, yang merupakan pemimpin Gereja Katolik Khaldea di Irak, menuturkan bahwa pertemuan itu akan menjadi ‘kunjungan privat’ antara dua tokoh agama ‘tanpa formalitas’.Sako mengharapkan agar kedua tokoh menandatangani dokumen soal ‘persaudaraan manusia untuk perdamaian dunia’. Dokumen itu merupakan naskah antaragama yang mengecam ekstremisme dan sebelumnya telah ditandatangani Paus Fransiskus dengan ulama Sunni terkemuka, Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed al-Tayeb, tahun 2019 lalu.Paus Fransiskus dijadwalkan akan berada di Irak dari 5-8 Maret mendatang, dengan kunjungan direncanakan ke ibu kota Baghdad juga Mosul dan Ur, yang menjadi tempat kelahiran Abraham atau Nabi Ibrahim.Irak pernah mencatatkan lebih dari 1,5 juta warga Kristen di wilayahnya, namun komunitas ini terdesak oleh konflik berkepanjangan. Usai invasi Amerika Serikat (AS) ke Irak tahun 2003, konflik sektarian mendorong pengikut sejumlah denominasi Kristen di Irak melarikan diri karena diserang kelompok Islamic State (ISIS) tahun 2014.Saat ini, diperkirakan ada sekitar 400 ribu warga Kristen yang tersisa di Irak. Banyak dari mereka yang berharap kunjungan Paus Fransiskus akan menyoroti tantangan yang dihadapi komunitas Kristen di Irak.