Koreografer Bosco Martis Tuntut Keadilan, Kecam Para Pembuat Film yang Tidak Menghargainya

Koreografer Bosco Martis Tuntut Keadilan, Kecam Para Pembuat Film yang Tidak Menghargainya
Koreografer Bosco Martis Tuntut Keadilan, Kecam Para Pembuat Film yang Tidak Menghargainya (Foto : Instagram)

AntvKoreografer Bollywood, Bosco Martis kecam masalah kurangnya penghargaan terhadap para koreografer di industri film Hindi. Dia menyoroti perjuangan mereka yang sedang berlangsung untuk mendapatkan nama mereka ditampilkan dalam materi promosi film.

Melalui akun Instagram resminya, Bosco membagikan sebuah postingan panjang dan 'memilukan' untuk melihat bahwa para koreografer tidak 'dirayakan' seperti para aktor, sutradara atau penyanyi.

Ia juga menandai para koreografer terkenal seperti Prabhu Deva, Vaibhavi Merchant, Ganesh Acharya, Farah Khan, Remo D'Souza, Terence Lewis, dan lainnya.

"Sumpah saya untuk masa depan para koreografer. Sudah 22 tahun kami melakukan koreografi dan masih merasa kesulitan untuk menaruh nama kami pada materi promosi film. Di mana lagu dan tarian dirayakan oleh bangsa dan juga dunia. Saya telah berbagi begitu banyak gulungan penari yang bercita-cita tinggi dan mereka yang suka menari dengan lagu-lagu kami yang telah kami koreografikan. Tetapi terkadang sangat menyedihkan untuk mengatakan bahwa tidak ada yang tahu siapa yang telah membuat koreografi lagu tersebut hingga kami tidak mempromosikan nama kami," tulisnya.

Bosco menambahkan, "Akhir-akhir ini kami merasa panas ketika kami tidak dapat melihat nama kami di materi promosi lagu di mana di dalamnya hanya disebutkan pengarah musik dan bukan koreografernya. Saya rasa sudah saatnya para koreografer dirayakan. Ketika pengarah musik, penulis lirik, penyanyi atau penulis lagu dirayakan, mengapa tidak dengan koreografer yang membuat para aktor dan bangsa ini menari. Sungguh memilukan! Semoga akan ada koreksi yang dilakukan untuk masa depan para Koreografer dan nama mereka akan disebutkan di semua platform promosi khususnya di poster, radio atau materi promosi lainnya yang berhubungan dengan lagu yang dikoreografikan. Semoga para koreografer sadar akan hal ini dan memperjuangkan hak-hak mereka. Hidup tarian dan hiburan yang panjang."

Dia juga menambahkan '#JusticeToChoreographers' dalam captionnya.