Tinggal di India usai Menikah dengan Vin Rana, Begini Cara Nita Sofiani Mengatasi Culture Shock

Tinggal di India usai Menikah dengan Vin Rana, Begini Cara Nita Sofiani Mengatasi Culture Shock (Foto: Instagram)
Tinggal di India usai Menikah dengan Vin Rana, Begini Cara Nita Sofiani Mengatasi Culture Shock (Foto: Instagram) (Foto : )
Sejak menikah dengan pemeran Nakula dalam serial Mahabharata, Vin Rana pada 2016 lalu, Nita Sofiani memutuskan untuk menetap di India. Nita tak memungkiri dirinya sempat merasakan culture shock, atau terkejut dengan kebudayaan baru yang jauh berbeda dengan budaya di Indonesia.
Nita bahkan mengaku sempat tak bisa makan hingga muntah-muntah saat pertama kali menjajakkan kaki di India. Setelah akhirnya memutuskan tinggal di tanah kelahiran sang suami, Nita memilih untuk memasak makanannya sendiri.“Jadi sebelum menikah aku sempet liburan (di India) sekitar dua bulan. Aku disana nggak bisa makan, muntah-muntah, wah culture shock lah pokoknya. Makanan nggak cocok,” kata Nita Sofiani seperti dikutip dari kanal YouTube ANTVKlik, Selasa (26/1/2021).https://www.instagram.com/p/B-1uJHkHuj0/Tak hanya soal makanan, Nita juga mengatakan bahwa banyak perilaku masyarakat India yang berbeda dengan orang-orang di Indonesia.“Dari makanan memang beda, terus kayak tipikal orangnya juga beda. Kalo disana lebih keras, sedangkan kalo kita di Indonesia lebih ramah, warm, santai. Kalo disana karena orang-orangnya lebih banyak, jadi pressurenya lebih tinggi,” bebernya.https://www.instagram.com/p/B9qmo5AHxT-/Meski begitu, Nita berusaha keras untuk beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal barunya. Ia tak ingin berlarut dengan culture shock yang dialami sebagai pendatang di India.“Kalo aku sih selalu nerapin, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Jadi dimanapun kita berada ya coba beradaptasi aja sih, gitu. Ya pertama-tama shock wajar, tapi kalo shock terus, kan kayak stres sendiri,” ujarnya.https://www.instagram.com/p/B1TGmjDH_79/Nita pun punya tips jitu untuk mengatasi culture shock hingga akhirnya betah tinggal di India sekaligus mengobati kerinduan pada Tanah Air tercinta.“Terus aku mikir, langkah apa nih yang bikin kita tetap waras. Jadi aku waktu itu rajin ke konsulat, ketemu sama ibu-ibu Indonesia disana,mereka bikin acara potluck dan arisan disana, sibukin diri deh biar kita nggak stres,” tutup Nita.https://www.youtube.com/watch?v=acwWC3JIeVs