XVG Talents Masuki Babak Akhir, Musisi dan Pencipta Lagu Profesional Lakukan Seleksi Ketat

Ajang Extravaganjar: XVG Talents Masuki Babak Akhir, Musisi dan Pencipta Lagu Profesional Lakukan Seleksi Ketat
Ajang Extravaganjar: XVG Talents Masuki Babak Akhir, Musisi dan Pencipta Lagu Profesional Lakukan Seleksi Ketat (Foto : Istimewa)

Antv – Ajang Extravaganjar: XVG Talents memasuki babak akhir. Lomba cipta lagu dan kompetisi penyanyi grup dan solo yang digelar oleh relawan Extravaganjar sejak 6 November 2023 itu kini telah sampai pada babak semi final.


“Dalam ajang semi final ini yang dilombakan adalah, grup band dan solo. Sementara pencipta lagu akan dinilai langsung berbarengan di tahap final 16 Desember 2023 mendatang," kata Ketua Panitia Pelaksana, Raiden Soedjono kepada wartawan, Rabu (13/12).

Untuk solo, tiga pemenang yang melaju ke babak final adalah Wahid dari Gorontalo, Apricilia dari Jakarta, Mala dari Bogor. Sementara untuk kategori band, ada Rock horizon dari Banjarmasin, Shosha x dari Sidoarjo dan Solasee dari Bekasi.

Ajang XVG Talents ini mendapatkan respons yang tinggi dari seluruh penjuru daerah di Indonesia dengan berpartisipasi membawakan lagu-lagu tentang Ganjar-Mahfud dan menciptakan lagu tentang pasangan nomor urut tiga melalui kegiatan ini.

Dari ratusan demo yang masuk, tersaring menjadi 18 kontestan: kategori grup 6 kontestan dan kategori solo 6 kontestan serta kategori cipta lagu GP MMD sebanyak 6 kontestan.

Cipta lagu yang masuk ke panitia dari berbagai daerah di Indonesia, seperti: Kalimantan Selatan, Garut, Sidoarjo, Surabaya, Yogyakarta, Gorontalo, Gunungsitoli, Jakarta, Jepara, Kepulauan Tanimbar, Bandung dan berbagai daerah lainnya.

”Tujuannya dari ajang ini sederhana, agar para anak muda ini tidak golput. Karena kualitas pemilihan umum, salah satunya ditentukan oleh besarnya partisipasi anak muda. Dan tentu saja, suara anak muda yang menjadi peserta adalah suara untuk Ganjar-Mahfud,” pungkas Raiden.

Juri-juri yang kredibilitas dan merupakan musisi profesional Tanah Air beradu pemikiran dalam menyeleksi para kontestan.

Setiap tahap kurasi, semi final dan final kontestan akan dinilai langsung oleh para juri dari kalangan musisi serta pencipta lagu profesional.

Mulai dari Adi Adrian, Febri Hivi, Eq Humania, Ruth Sahanaya, Trisson, Oleg Sanchabakhtiar, Ronnie Waluya, Arie Tipe-X, Lita Zen, Ryan Kampua, Edo Widiz, Jon Paul Ivan, Eka Deli, Sandy Canester, Seno Radja dan Mudya Mustamin, dan masih banyak lagi.