Manajemen Konflik Butuh Peran Jurnalis dan Content Creator di Era Digitalisasi

Koordinator JCCNetwork, Willibrodus Nafie
Koordinator JCCNetwork, Willibrodus Nafie (Foto : Rangga/ANTVklik.com)

Antv –Perkembang media sosial mulai membayang-banyangi eksistensi karya jurnalistik di republik ini. Bukan kiasan tetapi fakta, bagaimana tidak?

Koordinator Jurnalis dan Content Creator (JCCNetwork) Willibrodus Nafie mengatakan berbagai macam kasus yang seakan mustahil dituntaskan, ternyata tak mampu membendungi gejolak tekanan netizen di medsos.

"Contohnya seperti kasus rekayasa kematian Brigadir J oleh Ferdy Sambo Cs, kasus Maryo Dandi yang berimbas kepada keluarganya," kata Willibrodus Nafie, saat mengisi pelatihan jurnalistik bagi para pegawai perusahaan swasta di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023).

Pada kesempatan yang sama, Willi Nafie, yang juga Direktur PT Jaringan Sejahtera Media itu, juga menyebut, bagi orang-orang yang berbisnis tidak pernah terlepas dari pada serangan opini negatif.

Baik lewat pemberitaan media maupun ocehan di media sosial. Untuk itu, butuh adanya aksi dan reaksi dengan tepat dalam manajemen konflik.

Mengingat, pola proses pendekatannya berorientasi pada komunikasi. Agar komunikasinya berjalan efektif, salah satunya bisa lewat karya jurnalistik.

Pasalnya, dalam carut marut konflik, media tak hanya memiliki peran dalam memberitakan fakta di lapangan, tetapi juga membangun narasi mengenai realita konflik.