Dari Kisah Nyata, 'Kuyang: Sekutu Iblis yang Akan Selalu Mengintai', Jadi Sensasi Horor Mencekam

Berdasarkan Kisah Nyata, 'Kuyang: Sekutu Iblis yang Akan Selalu Mengintai', Jadi Sensasi Horor Mencekam
Berdasarkan Kisah Nyata, 'Kuyang: Sekutu Iblis yang Akan Selalu Mengintai', Jadi Sensasi Horor Mencekam (Foto : Aenigma Pictures)

Antv – Baru-baru ini heboh beredar sebuah video mencekam di jagad maya, terutama media sosial X (dulu Twitter), yang berisi thread yang mengungkap misteri sosok Kuyang, makhluk gaib yang konon berkeliaran di pedalaman Kalimantan.

Makhluk yang menampakan sosok mengerikan ini, memiliki wujud kepala manusia berisi organ dalam. Penampakan itu pun menjadi buah bibir setelah sejumlah video menghebohkan muncul, memperlihatkan keberadaannya yang menyeramkan.

Kuyang, menurut legenda, dikenal suka mengincar ibu hamil, menjadi fokus perbincangan para netizen yang tak kalah penasaran.

Di platform X, beragam pendapat pun bermunculan, salah satunya dari pengguna dengan nama archia_laura, yang menyatakan bahwa Kuyang seringkali dikaitkan dengan praktik ilmu hitam atau meningkatkan kekuatan tertentu, terutama oleh para dukun.

Ia menjelaskan bahwa tubuh Kuyang biasanya hanya menampilkan bagian kepala dan organ dalamnya, sementara tubuhnya disembunyikan untuk menghindari gangguan ketika berburu.

Namun, misteri seputar Kuyang masih menyisakan banyak tanda tanya. Seorang pengguna X bahkan masih bertanya-tanya apakah Kuyang sejatinya manusia atau sudah dijangkiti ilmu hitam.

"Kuyang itu manusia asli, kan? Atau udah jadi monster berkat ilmu hitam?" tulis seorang netizen. Akankah rasa penasaran mereka terjawab?


Dari thread yang ramai itu, kabar gembira datang dari Aenigma Picture dengan perilisan film terbarunya, "Kuyang: Sekutu Iblis Yang Selalu Mengintai". Film ini diadaptasi dari novel populer karya Achmad Benbela, dan disutradarai oleh Yongki Ongestu, seorang sineas yang sudah mengenal baik mitos dan budaya Kalimantan.

Yongki Ongestu menegaskan bahwa film ini tak hanya untuk hiburan semata, tapi juga untuk memberikan wawasan mendalam tentang kepercayaan dan budaya lokal, dilihat dari berbagai sudut pandang.