Faktor Penyebab Kekalahan Spanyol Atas Italia di Semi Final Euro 2020

Italia vs Spanyol 1-1 (4-2 pen) Luis Enrique
Italia vs Spanyol 1-1 (4-2 pen) Luis Enrique (Foto : )
Faktor penyebab kekalahan Spanyol atas Italia di semi final Euro 2020. Biang kekalahan Spanyol dari Italia karena Spanyol unggul dalam penguasaan bola namun tak efektif manfaatkan peluang menjadi gol.
Spanyol dipastikan gagal melaju ke partai puncak Final Piala Eropa 2020. La Furia Roja harus mengakui keunggulan Timnas Italia pada babak semi final gelaran sepak bola antar negara paling akbar di Benua Eropa tersebut.Setelah bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu usai, Spanyol harus menelan kekalahan dari Gli Azzurri melalui drama adu penalti. Dalam adu penalti tersebut, skuad besutan Luis Enrique yang lebih unggul dalam penguasaan bola justru kalah dengan skor 2-4.Kegagalan Spanyol meraih kemenangan pada laga ini dinilai sangat mengejutkan. Pasalnya dari sejumlah catatan statistik angka menunjukkan bahwa Alvaro Morata dan kawan-kawan tampil lebih baik pada pertandingan ini.Dilihat dari penguasaan bola selama pertandingan berlangsung, Whoscored menyebut bahwa Spanyol mencatatkan angka sebesar 70,1 persen. Jauang unggul atas Italia yang hanya mampu mencatatkan penguasaan bola sebesar 29,9 persen.Dalam hal urusan melepas tembakan ke gawang lawanpun, menurut sumber yang sama, Spanyol lebih dominan. Skuat asuhan Luis Enrique mampu melepaskan 16 tembakan. Sementara, Italia yang dipimpin oleh pelatih Roberto Mancini hanya bisa melepas tujuh tembakan ke gawang Spanyol.Bredasarkan data yang berhasil dikumpulkan inilah yang menjadi penyebab kegagalan Spanyol  menundukkan Italia di semi final Piala Eropa 2020. 
  1. Spanyol Unggul Kualitas Serangan
Dalam pertandingan semi final kali ini, Spanyol sebenarnya lebih unggul atas Italia. Tak hanya secara kuantitas, secara kualitas pun, peluang-peluang yang dimiliki Spanyol lebih ciamik dibandingkan peluang Italia. Laman infogol mencatat bahwa nilai expected goals (xG) Spanyol pada laga ini jauh lebih bagus ketimbang Italia.Menurut laman statistik tersebut, Spanyol memiliki nilai xG sebesar 1,74. Sementara, Italia hanya memiliki nilai xG sebesar 0,78.Secara rata-rata nilai xG per peluang pun Spanyol masih unggul dari Italia. La Furia Roja tercatat memiliki nilai xG rata-rata sebesar 0,108. Sementara, nilai xG rata-rata Italia hanya sebesar 0,097.
  1. Efektivitas Peluang Spanyol Mencetak Gol Sangat Buruk
Unggul kuantitas dan kualitas peluang tak berarti Spanyol mampu dengan mudah membobol gawang Italia. Para pemain La Furia Roja tidak efektif dalam memanfaatkan peluang yang mereka peroleh. Terbukti dengan nilai xG 1,74, mereka hanya mampu mencetak satu gol.Rasio gol dibanding xG mereka hanya sebesar 0,574. Sebaliknya Timnas Italia dengan rasio sebesar 1,282 terbukti jauh lebih efektif dalam memanfaatkan peluang yang mereka miliki, meski hanya mampu melepaskan 7 tembakan ke gawang Spanyol.
  1. Kualitas Peluang On Target Spanyol Rendah