Sepak Bola Kreatif Tim Semi Finalis Piala Eropa 2020

Inggris vs Croasia 1-0 gol tunggal Raheem Sterling celebrasi
Inggris vs Croasia 1-0 gol tunggal Raheem Sterling celebrasi (Foto : )
Sepak Bola kreatif tim semi finalis Piala Eropa 2020. Kini terdapat empat tim semi finalis Piala Eropa 2020 yaitu Italia, Spanyol, Inggris dan Denmark yang berebut juara Euro 2020.
Di benua Eropa saat ini, stereotip salah satu tim semi finalis yaitu Inggris adalah sepak bola yang mengandalkan umpan panjang dan berlari atau Kick and Rush. Timnas Inggris selalu fokus kepada komitmen dan etos kerja keras serta gaya fisiknya yang langsung dengan mengadu kekuatan dan kecepatan fisiknya sepanjang pertandingan.Akan tetapi pandangan Kick and Rush sepakbola Inggris ini juga sudah ketinggalan zaman. Memang, Three Lions memasuki turnamen ini dengan sederet gelandang serang yang terampil dan pemain sayap yang memiliki potensi memainkan sepak bola cepat.Kehadiran striker senior Harry Kane dengan dukungan gelandang serang Raheem Sterling, Mason Mount dan Jadon Sancho menjanjikan permainan cepat yang mengalir dan kreatif.Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate pada dasarnya sangat berhati-hati dan pragmatis dengan memainkan dua gelandang bertahan pada diri Declan Rice dan Kalvin Phillips di belakang trisula Raheem Sterling di kiri, Harry Kane di tengah dan sayap kanan yang bergantian diisi pemain berbeda.Kemenangan 4-0 atas Ukraina dalam perempat final Minggu, 6 Juli 2021 di Stadion Olympico Roma, Italia memperlihatkan Inggris bermain bebas begitu memimpin dua gol. Akan menarik untuk dilihat apakah mereka akan mengadopsi pendekatan itu dalam semi final Rabu 9 Juli 2021 nanti melawan Timnas Denmark.Tidak tertutup kemungkinan Pelatih Gareth Southgate kembali memainkan pola atau mempraktikkan pengendalian laga yang hati-hati seperti yang mereka tunjukkan saat mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada babak 16 besar Piala Eropa 2020.Gaya Inggris mungkin paling tepat digambarkan sebagai perpaduan antara struktur pertahanan yang solid dengan prioritas penguasaan bola di mana kreativitas sebagian besar diserahkan kepada tiga pemain depannya.
Tim Dinamit Denmark siap meledak Lawan Inggris di Semi Final Euro 2020 Sementara Timnas Denmark selalu menciptakan sepak bola yang lebih progresif ketimbang tetangga-tetangganya di Skandinavia yang lebih sederhana. Tim Dinamit Denmark dibawah pimpinan pelatih Kasper Hjulmand berutang banyak kepada tiga pemain depan mereka yaitu striker Kasper Dolberg dan dua winger tajam Martin Braithwaite serta Mikkel Damsgaard.Berkat penampilan gemilang ketiga pemain depan Denmark inilah Tim Dinamit mampu melewati hadangan Republik Ceko untuk melaju ke babak Semi Final Euro 2020. Pelatih Kasper Hjulmand harus berterima kasih kepada tiga pemain depan mereka atas keberhasilan yang mereka peroleh sejauh ini.Martin Braithwaite menciptakan ruang yang dieksploitasi dengan baik oleh Mikkel Damsgaard dan Kasper Dolberg. Sedangkan kedua bek sayap Jens Stryger Larsen dan Joakim Maehle maju untuk menambah daya gedor serangan Denmark memanfaatkan lebar lapangan.Seperti halnya Inggris, ada soliditas di lini tengah Tim Dinamit Denmark di mana Pierre-Emile Hojbjerg dan Thomas Delaney menjadi jangkarnya.Siapa pun yang lolos ke parti Final Piala Eropa 2020 Minggu pekan depan, akan menyaksikan strategy sepakbola yang berevolusi untuk mencari kemenangan dengan kreatifitas tinggi. Para pelatih keempat tim semi finalis tidak segan segan mengubah strategi dari pakem lama setiap negara, untuk meraih kemenangan.Euro 2020 telah menunjukkan bahwa tidak ada model taktik yang dominan untuk meraih sukses, Jika tim secara kualitas kalah dari pemain lawan, maka strategy akan berubah dengan lebih bertahan dan melancar kan serangan balik untuk mencuri gol.Demikian pula sebaliknya jika kualitas para pemain yang dimiliki lebih unggul dari lawannya, maka mereka akan menampilkan permainan menyerang dan menggempur lini pertahanan lawan hingga mencetak lebih banyak gol untuk memastikan kemenangan.