Berita Terheboh Indonesia Sepanjang 2019, dari Vannesa Angel Hingga Ari Ashkara

vannesa angel
vannesa angel (Foto : )
Sederet kejadian heboh terjadi di negeri sepanjang 2019. Mulai dari heboh kasus prostitusi artis Vannesa Angel hingga heboh isu petinggi Garuda dengan selingkuhan pramugari. Berikut rangkuman berita terheboh di Indonesia sepanjang 2019.

Heboh Vanessa Angel

Awal 2019 publik digemparkan dengan terkuaknya kasus prostitusi yang melibatkan nama artis cantik Vannesa Angel. Vannesa diciduk polisi pada Rabu, 16 Januari 2019 di sebuah hotel di Surabaya.Polisi menyebut perempuan kelahiran Jakarta, 21 Desember 1991 itu sedang bersama seorang pengusaha tambang bernama Rian Subroto. Dalam pemeriksaan terungkap, muncikari yang memfasilitasi Vannesa tidak hanya satu orang, melainkan beberapa muncikari.Di Pengadilan Negeri Surabaya, Vannesa dinyatakan bersalah karena melanggar pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 19 Tahun 2016 karena kerap mengirim foto dan video tak senonoh melalui pesan elektronik kepada muncikari. Foto dan video tersebut kemudian ditawarkan kepada pelanggan prostitusi online.Vannesa kemudian divonis hukuman 5 bulan penjara. Sedangkan tiga muncikarinya juga diganjar 5 bulan penjara.Namun berbeda dengan Rian Subroto. Hingga vonis terhadap Vannesa dan tiga muncikarinya dijatuhkan, sosoknya masih misterius. Ia tak pernah dihadirkan selama persidangan Vannesa.Setelah bebas dari penjara, Vannesa yang terus jadi sorotan publik  akhirnya menikah dengan Febri Ardiansyah pada pertengahan Desember 2019.Kasus Vannesa Angel juga mengungkap fenomena prostitusi di kalangan selebriti negeri ini. Apalagi pada Oktober lalu, polisi juga menangkap Putri Amelia di sebuah hotel di Batu Malang, Jawa Timur karena diduga terlibat prostitusi.Polisi menyebut, muncikari eks finalis Putri Pariwisata ini juga memegang 100 nama artis lain yang siap ditawarkan ke lelaki hidung belang dengan tarif fantastis.

Indonesia Jadi Planet Mars

Indonesia kembali jadi sorotan dunia setelah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda sejumlah wilayah, terutama di Sumatera dan Kalimantan. Sepanjang 2019 luas kebakaran mencapai  857.756 hektare.Kebakaran terjadi, akibat aktifitas pembukaan lahan cara membakar dan diperparah dengan musim kemarau panjang. Sebagian areal hutan dan lahan yang terbakar sulit dipadamkan karena berada di lahan gambut.Bahkan laporan Bank Dunia baru-baru ini menulis, emisi karbon dari karhutla di Indonesia pada 2019 diperkirakan menciptakan lebih banyak karbon dioksida dibanding kebakaran hutan Amazon di Brasil.Diperkirakan ada 709 juta ton karbon dioksida yang dilepaskan dari karhutla di Indonesia. Jumlah tersebut hampir setara dengan emisi tahunan di Kanada.Data Bank Dunia ini berasal dari Copernicus Atmostphere Monitoring Service (CAMS) juga menyebut, karhutla telah menutupi sebagian wilayah Asia Tenggara dengan kabut asap.[caption id="attachment_263373" align="alignnone" width="900"] Media asing sebut Indonesia sebagai planet Mars karena merahnya langit akibat karhutla (Foto: NSTAGRAM @DANI_KHOLIK via REUTERS)[/caption]Saking pekatnya kabut asap di suatu daerah, saat siang hari suasananya seperti malam dan tak jarang langit terlihat memerah. Foto-foto langit memerah sempat jadi viral di dunia maya. Bahkan sejumlah media asing menjuluki Indonesia seperti planet Mars.Selain menimbulkan dampak lingkungan, kondisi ini juga membuat sebagian warga mengungsi karena tak tahan menghirup asap kebakaran. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hampir 1 juta orang terkena penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA.