4 Bahaya Kesehatan Tidur Terancam Saat Memakai Earphone, Nomor 1 Bisa Berakibat Fatal

4 Bahaya Kesehatan Tidur Terancam Saat Memakai Earphone, Nomor 1 Bisa Berakibat Fatal
4 Bahaya Kesehatan Tidur Terancam Saat Memakai Earphone, Nomor 1 Bisa Berakibat Fatal (Foto : Ilustrasi - Pixabay)

Antv – Banyak orang suka menggunakan earphone saat tidur untuk mendengarkan musik atau suara santai, tapi hanya sedikit yang tahu bahwa ini bisa berbahaya bagi kesehatan tidur.

Apakah Anda juga menggunakan earphone saat tidur?

Apa saja risiko kesehatan yang mungkin terjadi akibat kebiasaan ini?

Mari kita lihat penjelasannya!

1. Risiko Akan Terjadi Cedera di Telinga

Menggunakan earphone saat tidur bisa membuat telinga rentan terluka karena kita mungkin bergerak saat tidur dan earphone bisa tertarik atau bengkok.

Harusnya ketika kita tidur seluruh bagian tubuh kita beristirahat. Namun ketika kita mendengarkan earphone dalam keadaan tertidur maka otak kita terpaksa masih bekerja. Apalagi jika terjadinya Nekrosis atau penyempitan aliran darah di telinga

Menggunakan headphone dengan volume tinggi juga dapat membuat telinga kita sakit, merah-merah, atau bahkan cedera.

Selain itu, hal ini juga bisa merusak gendang telinga kita dan bisa berakibat fatal karena masalah pendengaran yang bertahan lama hingga bisa tuli permanen.

2. Infeksi Pada Telinga

Menggunakan earphone saat tidur dalam keadaan lembap bisa membuat bakteri atau jamur berkembang, yang dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. Seperti radang telinga luar atau infeksi telinga tengah.

Infeksi telinga bisa membuat telinga terasa sakit, bengkak, dan cairan bisa keluar dari telinga.

3. Gangguan Tidur dan Kualitas Istirahat Lama

Menggunakan earphone saat tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur dan istirahat. Headphone dengan posisi kabel yang terjepit dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu siklus tidur.

Selain itu, kebisingan terus-menerus di telinga dapat mengganggu tidur nyenyak dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

4. Meningkatkan Risiko Terjadinya Stres

Penggunaan earphone dalam waktu yang lama bisa meningkatkan kepekaan terhadap kebisingan yang dapat meningkatkan tingkat stres saat tidur.

Selain itu juga, bisa mengganggu ketenangan sebelum tidur karena teralihkan perhatiannya terus-menerus oleh pikiran sehari-hari.

Jika Anda mengalami masalah pada telinga, segera konsultasikan dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.