Apakah Makanan Kaleng yang Sudah Kadaluwarsa Aman Dikonsumsi? Cek Faktanya!

Ilustrasi makanan kaleng
Ilustrasi makanan kaleng (Foto : Freepik/ freepik)

AntvMakanan kaleng adalah salah satu jenis makanan yang sangat praktis untuk dikonsumsi dan memiliki jangka waktu penyimpanan yang cukup lama.

Namun, seperti halnya semua produk makanan, makanan kaleng memiliki tanggal kadaluwarsa yang harus diperhatikan.

Tetapi, apakah makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa masih aman untuk dikonsumsi? Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang hal itu yang dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta Tanggal Kadaluwarsa

img_title
Ilustrasi makanan kaleng. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stockers)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apakah makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa aman untuk dkonsumsi, penting untuk mengetahui fakta seputar tanggal kadaluwarsa yang penting untuk diketahui.

Tanggal kadaluwarsa sendiri merupakan tanggal yang menjadi batas aman suatu makanan bisa dikonsumsi. Jika lewat dari tanggal yang tercantum, makanan tersebut tak layak lagi untuk dikonsumsi.

Untuk memastikan keamanan suatu makanan, perhatikan tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasan makanan terlebih dahulu. Nah, berikut ini beberapa fakta soal tanggal kadaluwarsa yang wajib diketahui.

Beberapa Istilah Tentang Tanggal Kadaluwarsa

Ternyata, ada beberapa istilah yang merujuk pada tanggal kadaluwarsa untuk setiap produk makanan. Nah, dari berbagai istilah tersebut ada makna yang berbeda yang wajib dipahami.

1. Expiration Date atau Expired Date

Expiration Date atau yang biasa disingkat Exp adalah tanggal terakhir yang direkomendasikan oleh produsen untuk mengonsumsi makanan dalam kondisi terbaiknya.

Setelah tanggal itu terlewati, suatu makanan mungkin akan mengalami perubahan dari segi rasa, tekstur, atau kualitas nutrisi.

Di negara lain, terkhusus di Eropa, expired date dipakai untuk menunjukkan usia penyimpanan makanan dalam 2 kategori, yakni best before dan use by date.

Cara membaca expired date:

Apabila seseorang memiliki mie instan dalam kemasan dengan exp. tanggal 4 September 2023, maka setelah tanggal 4 September 2023 mie tersebut sudah melewati tanggal expired-nya dan tidak lagi aman dikonsumsi.

2. Use by Date

Use by Date adalah sistem penanggalan dalam usia penyimpanan makanan dari perspektif biologis, yang dilihat dari kemunculan mikrobiologi atau jamur dan bakteri pada makanan.

Istilah ini digunakan untuk bahan makanan yang mudah busuk, contohnya ikan dan daging segar serta produk-produk susu (dairy product).

Ketika suatu makanan disimpan, lambat laun akan terjadi pertumbuhan jamur dan bakteri. Hal itu mengakibatkan kerusakan, kebusukan, atau munculnya racun dalam makanan.

Maka dari itu, makanan yang telah melewati tanggal use by date tidak lagi boleh dikonsumsi karena berpotensi terjadinya infeksi atau keracunan yang membahayakan tubuh.

Cara membaca use by date

Ketika seseorang ingin membeli ikan di supermarket dan pada kemasannya tertulis use by date 4 September 2023, maka alangkah baiknya ikan tersebut dikonsumsi maksimal tanggal 4 September 2023.

Pasalnya, tanggal 4 September 2023 bisa jadi bakteri patogen atau bakteri berbahaya lainnya sudah berkembang dan meningkat jumlahnya.

Selain itu, produk yang menggunakan sistem penanggalan use by date seharusnya segera diolah menjadi makanan matang yang siap konsumsi.

Tak hanya soal tanggal kadaluwarsanya, penting juga untuk memperhatikan cara penyimpanan yang direkomendasikan untuk setiap produk.

Susu UHT misalnya, ia akan lebih tahan lama ketika berada dalam kulkas dibandingkan dengan di ruang terbuka dengan suhu ruangan, terlebih setelah kemasannya dibuka.

3. Best Before Date

Best Before Date adalah sistem penanggalan penyimpanan makanan yang didasarkan pada ketahanan suatu makanan agar sifat spesifiknya tetap terjaga saat dikonsumsi.

Best before lebih merujuk pada kualitas makanan, mulai dari rasa atau flavour, tekstur, aroma, serta penampakan makanannya.

Sistem penanggalan ini digunakan oleh pabrik sebagai indikasi kualitas makanan jika disimpan di tempat yang tepat, contohnya, freezer, lemari es, tempat yang kering dan tidak lembap, tempat yang bebas dari sorotan sinar matahari langsung, dan sebagainya.

Jenis makanan yang menggunakan sistem penanggalan ini antara lain frozen food, makanan kering (pasta, beras, dll), dan makanan kaleng.

Menurut estimasi produsen, suatu makanan yang sudah melewati tanggal best before ini masih bisa dikonsumsi meski sudah tidak berada dalam kualitas terbaiknya.

Cara membaca best before date

Contohnya jika seseorang memiliki nugget kemasan dengan tanggal best before yang tercantum adalah 4 September 2023. Maka, tanggal 5 September 2023 nugget tersebut masih bisa dikonsumsi meski mungkin sudah mengalami perubahan.

Akan tetapi, sebelum dikonsumsi pasca tanggal best before-nya, penting untuk mengamati terlebih dahulu kondisi makanan tersebut.

Pastikan bahwa tidak ada perubahan kondisi makanan yang mencolok. Jika ragu dengan kondisi makanan itu, maka sebaiknya jangan dikonsumsi.

4. Sell By

Sell by adalah sistem penanggalan yang merujuk pada sampai berapa lama suatu produk makanan bisa dipajang di toko. 

Jadi, sebaiknya konsumen membeli produk tersebut sebelum tanggal yang tertera. Akan tetapi, makanan tersebut masih bisa dikonsumsi lewat dari tanggal itu bila penyimpanan dilakukan dengan benar dan kondisinya masih baik.

Apakah Makanan Kaleng yang Sudah Kadaluwarsa Aman Dikonsumsi?

 

img_title
Ilustrasi makanan kaleng. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stockers)

 

Pada umumnya, makanan kaleng memiliki usia penyimpanan yang relatif panjang karena proses pengalengan yang efektif dan penggunaan bahan pengawet.

Kualitas dan keamanan makanan kaleng biasanya bisa dipertahankan bahkan setelah melewati tanggal kadaluwarsa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Cek kondisi kemasan

Periksa kondisi fisik kaleng, jika ada tanda-tanda kerusakan seperti penyok, pembengkakan atau korosi, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi isinya.

2. Perhatikan aroma dan penampilannya

Saat membuka makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa, perhatikan aroma dan penampilannya. Jika warnanya sudah berubah dan baunya tidak normal, sebaiknya jangan dikonsumsi.

3. Pertimbangan Keamanan

Makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa cenderung aman dikonsumsi jika penampilannya masih baik dan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau perubahan kondisi yang berarti.

Akan tetapi, tetap ada faktor risiko yang patut diwaspadai. Sebab, bakteri berbahaya bisa saja tumbuh di dalam kaleng dan menghasilkan racun yang berbahaya.

Untuk menghindari risiko yang membahayakan kesehatan tubuh, berikut beberapa tipsnya:

1. Simpan makanan dengan benar

Simpanlah makanan kaleng di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung ataupun suhu yang ekstrem.

2. Periksa tanggal kadaluwarsa

Selalu periksa tanggal kadaluwarsa sebelum membeli atau mengonsumsi makanan kaleng, dan sebaiknya konsumsi makanan tersebut sebelum tanggal yang tercantum berakhir.

3. Buang makanan yang meragukan

Jika ragu tentang keamanan makanan kaleng, lebih baik membuangnya daripada harus mengambil risiko yang membahayakan diri.

Makanan kaleng yang sudah kadaluwarsa bisa aman dikonsumsi jika kamu memeriksa kondisi kemasan, aroma dan penampilannya dengan teliti.

Tapi, selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa dan simpan makanan kaleng sesuai dengan yang dianjurkan demi kebaikanmu.

Ingatlah bahwa tanggal kadaluwarsa adalah panduan kritis untuk keamanan makanan, dan kamu harus selalu mematuhinya.