7 Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur

7 Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur
7 Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur (Foto : Istimewa)

AntvTidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi manusia. Tubuh kita memerlukan tidur untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, meregulasi hormon, memperbaiki sel otot, dan membantu daya ingat.

Tetapi bagi sebagian orang, tidur bukan hal yang mudah. Sekumpulan gejala yang dapat mengganggu kemampuan untuk tidur sehari-hari disebut sebagai Gangguan tidur.

Beberapa orang memiliki gangguan tidur baik dalam memulai tidur maupun mempertahankan tidur. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan sulit tidur:

1. Menetapkan rutinitas tidur

Tetapkan jadwal tidur yang konsisten setiap hari. Dengan waktu yang sama, tubuh Anda akan menyesuaikan. Caranya adalah persiapkan waktu beberapa saat sebelum tidur di waktu atau jam yang sama. Saat waktu tidur tiba, tubuh Anda akan mendapatkan sinyal untuk tertidur lebih cepat.

2. Hindari pemakaian barang elektronik sebelum tidur

Menurut National Sleep Foundation, adanya laptop dan handphone di sekitar tempat tidur akan sangat mengganggu. Sinar biru yang berasal dari layar gadget dapat mengurangi produksi melatonin pada tubuh Anda.

Selain itu, hindari bekerja, makan dan kegiatan yang mengganggu lingkungan tidur. Buatlah kondisi lingkungan di sekitar tempat tidur nyaman dan tenang.

3. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein

Kafein adalah stimulan yang menjaga Anda untuk tetap terbangun. Efek kafein dapat terjadi sampai waktu 6 sampai 8 jam karena itu hindari minum kafein seperti kopi atau soda ketika menjelang tidur.

4. Hindari minum alkohol

Alkohol memang bersifat sedatif, namun sebenarnya alkohol akan mengganggu kualitas tidur. Jika anda mengkonsumsi alkohol, anda kemungkinan akan merasa tidak bugar saat bangun pagi.

Hindari minum alkohol sekitar 3 jam sebelum tidur atau batasi konsumsinya sebanyak 2 gelas per hari. Sebaliknya cobalah untuk minum segelas susu atau teh herbal sebelum tidur. Terlalu banyak minum juga dapat membuat anda terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

5. Berusaha untuk melakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur

Lakukan aktivitas yang mendukung relaksasi sebelum tidur. Anda dapat mencoba berendam air hangat, mendengarkan musik pelan dan melakukan yoga. Aktivitas tersebut akan membantu Anda menciptakan suasana nyaman yang mempercepat proses tidur.

6. Olahraga teratur

Olahraga dan gaya hidup sehat sangat baik untuk membantu Anda cepat tidur. Penelitian meta analisis tahun 2017 menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan penelitian tahun 2021, menunjukkan bahwa olahraga sebanyak 60 menit sebanyak 4 sampai 5 kali dalam periode 8-12 minggu dapat membantu mengatasi insomnia. Namun hindari jam berolaharaga yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

7. Minum suplemen untuk mengatasi gangguan tidur

Banyak sekali suplemen untuk mengatasi ganggguan tidur yang beredar di pasaran. Melatonin sangat dikenal luas sebagai hormon tidur.

Tubuh mengeluarkan melatonin dan akan menyesuaikan dengan jam tidur Anda biasanya. Selain melatonin Anda dapat mencoba suplemen herbal yang mengandung bahan-bahan herbal seperti venetum dan ekstrak myristica fragrans dan lain-lain.

Banyak di pasaran obat-obatan yang berdot merah (obat keras), ataupun obat-obatan berdot hijau dan biru yang sering digunakan oleh orang-orang yang mempunyai gangguan tidur.

Namun sebenarnya obat-obatan tersebut bukanlah untuk indikasi mengatasi susah tidur, nama untuk indikasi penyakit yang lain, misalnya alergi, dsb namun memiliki efek samping mengantuk.