Bagaimana Cara Mendengar Curhatan tanpa Terseret Ghibah? Ini Jawaban Buya Yahya

Buya Yahya
Buya Yahya (Foto : YouTube: Al-Bahjah TV)

AntvCurhat atau curahan hati merupakan saat di mana satu orang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada seseorang yang telah dianggap dekat. Biasanya yang ia ceritakan itu bersifat atau masalah personal.

Namun, curhat menjadi dosa apabila menjurus ke arah membicarakan seseorang atau menjelek-jelekkan orang dan bisa menyakiti hati orang yang dibicarakan atau yang kerap disebut dengan ghibah

Dalam agama Islam, ghibah adalah dosa besar jika dilakukan terhadap seorang muslim. Menurut Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW, konsep ghibah dapat disamakan dengan memakan bangkai saudaranya sendiri.

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang (Surah Al-Hujraat 49:12)