Haul Solo Jadi Tempat Berkumpulnya Para Ulama Besar dari Mancanegara

Haul Solo Jadi Tempat Berkumpulnya Para Ulama Besar dari Mancanegara
Haul Solo Jadi Tempat Berkumpulnya Para Ulama Besar dari Mancanegara (Foto : Istimewa)

Antv – Puluhan ribu jemaah dari berbagai daerah diperkirakan mengikuti peringatan acara haul pada Sabtu-Minggu, 4-5 November 2023 di kota Solo, Jawa Tengah.

Haul Solo merupakan perayaan tahunan untuk memperingati wafatnya ulama besar Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy, yang mana setiap tahunya selalu mampu menyedot ribuan jamaah dari penjuru nusantara untuk hadir  di acara ini .

Tak hanya itu, haul sang pengarang kitab maulid simtuduror ini juga selalu dihadiri oleh ulama-ulama besar baik dari dalam maupun luar negeri, khususnya negeri Yaman, tempat Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy berasal seperti Habib Umar bin Hafidz, salah satu ulama besar berpengaruh di dunia.

Sementara di Indonesia sendiri memang sejak dulu  para ulama-ulama besar selalu berkumpul saat peringatan haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy yang digelar di kawasan Masjid Riyadh Pasar Kliwon, Surakarta.

Salah satunya yaitu Pimpinan Majelis Taklim Nurul Musthofa, Majlis taklim terbesar di Jabodetabek, yaitu Habib Hasan bin Ja’far Assegaf yang bisa dibilang  tak pernah absen pada acara ini.

Sosok ulama kharismatik asal Jakarta ini, nampak hadir di acara Rauhah sehari jelang Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy di masjid Riyadh.

Saat ditemui awak media Habib Hasan mengungkapkan beberapa alasannya selalu hadir pada acara haul Solo ini.

Menurutnya haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy merupakan tempat berkumpulnya keberkahan para auliya, dimana sejak dulu para ulama-ulama besar selalu menyempatkan untuk duduk menghadiri acara ini.

"Jadi Habib Ali adalah seorang Aulia yang mana beliau disebut pembendaharaan Allah. Kalau orang datang ke haul Habib Ali tidak ada yang disempitkan oleh Allah, yang ada makin kaya ditambahkam keberkahan hidupnya," kata Habib Hasan.

Habib Hasan pun menceritakan bagaimana majlisnya menjadi besar hingga   dihadiri oleh puluhan  ribu jamaah, yang tak lain karena keberkahan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy, melalui kitab karanganya Simtudduror.

"Alhamdulillah tahun 2000 majelis nurul musthofa mendapatkan ijazah dari cucu Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy yaitu habib Anis Al-Habsy untuk membacakan simtudduror di tiap majlisnya, Alhamdulillah dari yang hadir 500 sekarang setiap malam minggunya ada 20 ribu jamaah," ungkapnya .

Keberkahan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy/ melalui kitabnya simtuduror, juga betul-betul ia rasakan, pasalnya banyak dari muridnya yang dahulu tak bisa mengaji kini menjadi bisa.

"Maulid sumtuduror ini sangat luar biasa, diselurh majelis yang ada di dunia, bahwa bila ini dibacakan Insya Allah kehidupan yang miskin jadi kaya, susah jadi senang, ini tergantung niat kita dan yang penting bersambung hati kita ke Nabi Muhammad," tambahnya .

Haul Solo tahun 2023 kali ini memerupakan kegiatan yang digelar ke-112 mulai Rabu-Minggu, 1-5 November 2023. Acara puncak kegiatanya akan berlangsung pada Sabtu pagi dan minggu pagi.