Jendela Alam, Wisata Edukasi Seru dan Mendidik yang Ada di Lembang

Jendela Alam
Jendela Alam (Foto : NativeIndonesia.com)

AntvTempat wisata edukasi menjadi pilihan favorit orang tua untuk berlibur bersama anak. Dari sekian banyaknya wisata edukasi di Indonesia, Jendela Alam adalah salah satunya.

Bukan tanpa alasan wisata edukasi menjadi pilihan pertama orang tua saat akan menghabiskan waktu bersama anak.

Di tempat wisata edukasi, anak-anak akan bersenang-senang sambil belajar. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengisi waktu di kala liburan.

Indonesia sendiri mempunyai sejumlah tempat wisata edukasi. Tempat-tempat ini memanfaatkan kekayaan alam sekaligus fauna yang ada di Tanah Air sehingga menjadi tempat yang tidak membosankan.

Jendela Alam merupakan tempat wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi di kala liburan bersama keluarga. 

img_title
Jendela Alam. (Foto: Icha Khairisa)

Di Jendela Alam, pengunjung dapat menemukan berbagai kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan anak, orang dewasa, atau bahkan bersama-sama.

Hal ini tentunya akan menjadi momen menyenangkan yang patut dikenang. Tidak hanya akan bermain sambil belajar, pengunjung pun dapat membentuk memori berharga bersama keluarga.

Lalu, seperti apa tempat wisata edukasi Jendela Alam ini? Berikut artikelnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kegiatan di Jendela Alam

img_title
Jendela Alam. (Foto: Blog Reservasi)

Meskipun tempat wisata edukasi, Jendela Alam memiliki banyak pilihan kegiatan yang terbagi menjadi beberapa kelompok, apa sajakah itu? 

Jendela Edukasi

Di Jendela Edukasi, pengunjung akan menemukan berbagai macam makhluk hidup di dalamnya, dari tanaman sampai hewan. 

Pengunjung tak hanya akan diperkenalkan dengan jenis-jenis tanaman dan hewan ini, melainkan cara juga mengolah dan berinteraksi dengan mereka. 

Aktivitas di Jendela Edukasi ini terbagi lagi menjadi lima kegiatan, antara lain:

Tour Sahabat Alam

Dalam Tour Sahabat Alam, pengunjung akan berkeliling area ini bersama seorang pemandu. Pemandu wisata akan memberikan informasi tentang objek-objek yang ada di sana. 

Hal-hal yang bisa ditemukan dalam Tour Sahabat Alam adalah area hidroponik, area tanaman obat, green house tomat cherry, dan rumah jamur tiram.

Tidak hanya itu, ANTV Lovers. Di Tour Sahabat Alam ini kamu pun dapat melihat dan mengunjungi rumah kuda poni dan kambing etawa.

Selain itu, mereka juga memiliki peternakan berbagai jenis hewan, seperti ayam arab, kelinci, rusa totol, dan rumah reptil! Kegiatan yang menarik, bukan? 

Berkebun Konvensional

Kegiatan ini tak kalah menyenangkan dengan yang ada di Tour Sahabat Alam. Pasalnya, pengunjung akan belajar cara bercocok tanam dengan cara konvensional!

Di kegiatan ini, pengunjung akan diberikan benih dan peralatan menanam. Dipandu dengan fasilitator, pengunjung akan diajari secara mendalam tentang cara-cara menanam tanaman sampai merawatnya. 

Panen Tomat Cherry

Anak-anak mungkin telah familiar dengan tomat. Namun, bagaimana dengan tomat cherry? 

Di kegiatan ini, pengunjung akan diperkenalkan dengan buah tomat cherry. Fasilitator akan memberitahu informasi tentang buah ini, mulai dari kandungan gizi sampai cara menanamnya.

Yang tidak kalah menyenangkan adalah anak-anak diperbolehkan memetik, bahkan membawa buah tomat cherry-nya sebanyak mungkin! 

Panen Telur

img_title
Jendela Alam. (Foto: Libur.co)

Jika sebelumnya anak-anak belajar tentang buah tomat cherry, kini mereka akan diberi edukasi mengenai telur.

Telur tentunya bukan lagi makanan asing bagi anak-anak. Makanan ini umum ditemukan di menu sehari-sehari. 

Di kegiatan ini, pengunjung, terlebih anak-aanak akan diperkenalkan dengan asal muasal telur. Anak-anak pun akan diberi edukasi menarik mengenai ayam. 

Tak hanya itu, ANTV Lovers.  Daya tarik dari kegiatan ini adalah anak-anak akan diberi satu wadah dan diperbolehkan mengambil satu butir telur secara langsung dari peternakannya. Bahkan, telur itu boleh dibawa pulang!

Berburu Harta Karun

Kegiatan di Jendela Edukasi ini ditutup dengan kegiatan yang seru, yaitu berburu harta karun!

Dalam kegiatan ini, pengunjung akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan diberikan peta dan kompas yang dibuat sendiri. 

Setiap kelompok harus bekerja sama untuk menemukan harta karun. Cara yang harus dilakukan adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan.

Kegiatan ini dijamin seru dan bermanfaat. Selain menyenangkan, kemampuan anak-anak dalam kerjasama tim, mapping, dan problem solving akan dilatih dan diasah. 

Jendela Permainan

img_title
Jendela Alam. (Foto: Instagram @jendelaalambandung)

Seperti namanya, Jendela Permainan dipenuhi oleh berbagai kegiatan permainan yang seru dan menyenangkan!

Jendela Permainan menawarkan berbagai kegiatan, apa sajakah itu?

Fun Games

Fun Games akan menjadi kegiatan super menyenangkan setelah anak-anak belajar di bagian Jendela Edukasi.

Di Fun Games, anak-anak akan terbagi menjadi kelompok untuk melakukan beberapa permainan seru, seperti four stroke race, floating water stick, tarik tambang, balloon transfer, dan lain-lain.

Hal ini tentunya akan membuat anak-anak sangat terhibur. Selain itu, tentunya dalam permainan ini kemampuan kerjasama tim mereka akan turut terasah. 

Berkuda

Jendela Permainan memiliki kuda poni yang dapat ditunggangi anak-anak. 

Kegiatan ini tentunya didampingi oleh pemandu, jadi anak-anak dapat menunggangi kuda poni dan berkeliling area khusus berkuda dengan aman. 

Mini Waterboom

Daya tarik lain dari Jendela Ala mini adalah mini waterboom di dalamnya. Anak-anak dapat berenang dan bermain di mini waterboom ini. Setelah belajar dan bermain, anak-anak dijamin akan bergembira di kolam renang ini. 

Perang Air

Walaupun namanya perang air, permainan ini tak dilakukan di kolam renang. 

Perang air dilakukan di lapangan yang ada di sana. Anak-anak akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling menyerang dengan air yang tersedia. Seru, bukan? 

Menangkap Ikan

img_title
Jendela Alam. (Foto: hargatiket.net)

Bayangkan betapa seru dan ramainya ketika anak-anak mencoba menangkap ikan yang berenang bebas di air. Meskipun terdengar sulit, permainan ini dijamin seru dan memicu rasa semangat dan gembira anak.

Dalam permainan ini, anak-anak harus menangkap ikan yang ada di sungai buatan. Selain seru, permainan ini pun akan melatih kemampuan motorik anak. 

Menggiring Bebek

Dalam permainan ini, anak-anak akan dibawa ke lapangan dan harus menggiring bebek dari satu kandang ke kandang lainnya. Hal ini mungkin terdengar mudah, tetapi faktanya tidak seperti itu.

Bebek-bebek ini akan kabur ke arah lain sehingga anak-anak harus menggiringnya kembali ke kelompoknya untuk masuk ke kandang. Kegiatan yang unik dan seru, bukan? 

Jendela Workshop

Kegiatan-kegiatan di Jendela Workshop ini seru dan mengedukasi. Workshop-workshop yang ada di area ini antara lain:

  • Workshop Bedah Anatomi Hewan
  • Workshop telur
  • Workshop Biogas
  • Workshop Membuat Kompos
  • Workshop Takakura

Jendela Seni

Di Jendela Seni, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seni yang seru dan kreatif, seperti prakarya organik, lalu menghias layangan dan tanah liat. 

Fasilitas Jendela Alam

img_title
Jendela Alam. (Foto: Tempat Wisata Di Bandung)

Fasilitas di Jendela Alam tergolong lengkap. Jendela Alam memiliki playground dan bak basir untuk anak-anak, mushola, toilet, aula, dan tempat parkir yang memadai.

Harga Tiket Masuk Jendela Alam

img_title
Jendela Alam. (Foto: Bandoeng)

Harga tiket masuk Jendela Alam pada hari kerja dan akhir pekan berbeda. Namun, kedua biaya ini tergolong murah.

Pada hari kerja (Senin sampai Jumat), harga tiket masuk dikenakan sebesar Rp15 ribu, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional senilai Rp20 ribu. 

Pengunjung akan dikenakan biaya lagi untuk menikmati beberapa wahana lain. Namun, harganya masih cukup terjangkau, yaitu Rp20—60 ribu. 

Jam Operasional dan Lokasi Jendela Alam

img_title
Jendela Alam. (Foto: NativeIndonesia.com)

Jendela Alam buka setiap hari, tapi jam operasionalnya berbeda pada hari kerja dan akhir pekan.

Pada hari kerja (Senin sampai Jumat), Jendela Alam buka pukul 10.00—17.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan buka satu jam lebih cepat, yaitu 09.00—17.00 WIB. 

Jendela Alam berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri, Km. 4,5, Cihideung, lembang, Bandung Barat, Jawa Barat