Update Terkini Kasus Gangguan Ginjal Akut: Angka Kematian Menurun

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal (Foto : Freepik/ksandrphoto)

Antv – Kasus gangguan ginjal akut yang menimpa anak di bawah usia 5 tahun belakangan menjadi sorotan publik. 

Setelah ditelusuri dan dicari penyelesaiannya, dalam dua minggu terakhir kasus ini telah menemukan titik terang. Diketahui, angka kematian pada anak korban gangguan ginjal akut telah mengalami penurunan.

Hal itu diketahui melalui update terkini dari pemaparan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Mohammad Syahril dalam dalam konferensi pers terkait perkembangan kasus Gangguan Ginjal Akut di Indonesia. 

Penurunan kasus tersebut dilaporkan terjadi sejak 2 November hingga 15 November 2022. Dalam kurun waktu tersebut, tidak ditemukan adanya penambahan kasus baru. 

Pada 15 November tercatat ada sebanyak 324 kasus dengan rincian 14 orang dirawat, 199 orang meninggal dan 111 orang sembuh.  

“Jadi kita sangat bersyukur ya dalam dua minggu terakhir ini kasus (gagal ginjal akut pada anak) di Tanah Air jumlahnya tidak bertambah dan alhamdulillah yang dirawat sekarang tinggal 14 di RSCM,” ujar Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril yang saat konferensi pers bersama media pada Rabu, 16 November 2022.