Ampuh! 16 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan

Ilustrasi jahe merah
Ilustrasi jahe merah (Foto : deltomed.id)

AntvManfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak dulu, jahe merah sudah dikenal berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kebanyakan orang mengolahnya menjadi minuman.

Jahe merah sendiri merupakan jenis rimpang yang memiliki cita rasa hangat yang khas sehingga banyak orang mengonsumsinya sebagai minuman hangat ketika cuaca dingin. 

Melansir dari Health Benefit Times pada Minggu, 30 Oktober 2022, air rebusan jahe merah memiliki kandungan protein, selulosa, minyak atsiri, dan vitamin C yang berfungsi secara efektif untuk mengatasi masalah imunitas, sistem pencernaan, pernapasan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya soal kesehatan tubuh, ternyata jahe merah juga bermanfaat untuk kesuburan dan kecantikan. Lantas, apa saja manfaat lain jahe merah untuk tubuh kita?

Berikut ini deretan manfaat rimpang jahe merah bagi kesehatan, kecantikan, dan kesuburan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kesehatan

 

img_title
ilustrasi kesehatan. (Foto: Freepik/ Wayhomestudio)

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jahe merah untuk tubuh salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, jahe merah mengandung vitamin C dan magnesium. Dengan demikian, jahe merah cocok dikonsumsi guna memperkuat imunitas tubuh.

Selain dua zat tersebut, jahe merah juga mengandung gingerois, shogaols dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

2. Menjaga Berat Badan

Jahe merah merupakan salah satu bahan alami yang mampu membnatu menjaga berat badan agar tetap ideal karena mampu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut akann bertahan lebih lama.

Tak hanya itu, rasa hangat pada jahe merah juga dapat membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Jadi, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, meminum air jahe merupakan salah satu cara yang tepat.

3. Meredakan batuk dan Sakit Tenggorokan

Jahe merah berfungsi untuk memnatu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Sejak dulu, jahe merah sudah terbukti berkhasiat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan batuk.

Air rebusan jahe merah dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan teh atau susu. Dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah secara teratur, maka batuk dan sakit tenggorokan dapat teratasi.

4. Mengatasi Peradangan

Manfat jahe merah selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Rimpang-rimpangan yang satu ini diketahui mengandung senyawa fenol, yakni gingerol dan shogaol. Gingerol bersifat antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi.

5. Mengatasi Asma

Salah satu manfaat jahe merah adalah untuk mengatasi penyakit asma. Asma sendiri merupakan penyakit paru-paru yang ditandai dengan gejala sesak napas akibat adnaya peradangan serta penyempitan saluran pernapasan.

Salah satu cara mengatasi penyakit asma dengan bahan alami adalah dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah. Manfaat in ididapatkan dari kandungan antioksidan tinggi pada jahe merah. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jahe juga mampu melegakan saluran pernapasan.

6. Meredakan Sakit Kepala

Jahe merah dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah sakit kepala yang kerap dianggap sepele namun sangat mengganggu aktivitas ini.

Kandungan kamfena, cita rasa pedas dan hangat pada jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang. Caranya mudah, yaitu dengan meminum air rebusan jahe saat sakit kepala menyerang.

7. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dalam jumlah yang banyak dalam tubuh dapat berakibat kerusakan sel. Untuk menangkal hal tersebut, tubuh memiliki mekanisme pertahanan khusus yaitu antioksidan.

Meski tubuh dapat menghasilkan antioksidan sendiri, namun tubuh cenderung lebih bergantung pada antioksidan yang berasal dari luar, salah satunya kandungan pada jahe merah.

Jahe merah mengandung antioksidan alami yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi air jahe secara teratur, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit kronis.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe merah juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Ekstrak minyak dalam jahe berperan penting untuk melindungi sistem pencernaan dari infeksi bakteri. 

Zat yang terkandung dalam jahe merah juga bisa melawan bakteri jahat, seperti E.Coli, Salmonella Enteriditis, dan Staphylococcus Aereus.

Dengan meminum air rebusan jahe merah secara teratur, maka kesehatan sistem pencernaanmu akan tetap terjaga kesehatannya.

9. Menurunkan Kolesterol

Meski dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan kadar yang tinggi dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan. Oleh sebab itu, mengontrol kadar kolesterol perlu diperhatikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol yang efektif adalah dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah, Kandungan antioksidan pada jahe merah berperan penting untuk membuang racun dalam tubuh.

10. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Jahe merah mempu meredakan nyeri otot dan sendi. Studi menunjukkan bahwa jahe merah berperan penting dalam mengurangi nyeri otot dan sendi. Ekstrak jahe merah dipercaya mampu mengurangi gejala osteoarthritis.

Ekstrak jahe juga dapat bertindak sebagai antiperadangan seingga dapat melawan peradangan akut maupun kronis. Komponen aktif dalam jahe dapat menurunkan leukotrien dan portaglandin yang memicu peradangan.

11. Mengatasi Rematik

Jahe merah ternyata juga mampu mengatasi rematik. Penyakit rematik atau peradangan sendiri biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik yaitu adanya nyeri sendi, kaku hingga bengkak. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya mudah sekali. Rebus rimpang jahe merah bersama dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey hingga mendidih. Air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari untuk memperoleh efek yang maksimal.

Kecantikan

 

img_title
Ilustrasi kecantikan. (Foto: Freepik/ kitthanes)

 

12. Mengilangkan Jerawat

Jahe merah mengandung antiseptik dan antioksidan yang dipercaya mampu melawan bakteri pada jerawat. Caranya mudah, cukup haluskan jahe merah dan campurkan dengan dua sendok madu, maka noda jerawat akan berkurang secara perlahan.

13. Menghilangkan Bekas Luka

Jahe merah dipercaya mampu menghilangkan bekas luka. Caranya mudah, cukup parutt jahe merah sampai halus, kemudian peras dengan kain tipis dan oleskan air perasan tersebut pada area bekas lukamu.

14. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jahe merah untuk kecantikan lainnya adalah dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Jahe merah memiliki kandungan antioksidan yang dipercaya mampu mencegah tanda-tanda terjadinya penuaan pada kulit. Kamu hanya perlu meminum air jahe merah secara rutin.

Kesuburan

 

img_title
Ilustrasi Kehamilan. (Foto: Freepik/ drobotdean)

 

15. Meningkatkan Kesuburan Pria

Jahe merah memiliki efek afrodisiak yang berfungsi secara efektif dalam merangsang seksual dengan cara meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk di area vital pria.

Manfaat jahe merah untuk meningkatkan kesuburan pria ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan khasiatnya secara optimal.

16. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kandungan arginin yang ada pada jahe merah bisa meningkatkan kesuburan wanita dan kualitas sel telur. Arginin akan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.

Studi menyebutkan bahwa tanaman jahe merah mengandung antioksidan yang memiliki aktivitas androgenik. Ini dipercaya dapat meningkatkan hormon testosteron yang mampu meningkatkan kesuburan pada wanita.