Cocok untuk Healing! 11 Tempat Wisata di Jogja yang Indah dan Tenang

Tempat Wisata di Jogja Pantai Kesirat
Tempat Wisata di Jogja Pantai Kesirat (Foto : Seringjalan.com)

Antv – Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Bagaimana tidak, ada banyak sekali tempat wisata di Yogya yang bisa dikunjungi untuk liburan atau sekadar menghapus penat di akhir pekan.

Seperti diketahui, Yogyakarta memang sangat kaya akan destinasi wisata. Tak hanya wisata budaya, Yogya juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang sangat cocok untuk healing dan mencari ketenangan.

Oleh sebab itulah, banyak wisatawan yang tertarik untuk kembali lagi ke Yogyakarta demi mengeksplor tempat-tempat wisata lain yang tak ada habisnya untuk dikunjungi di kota istimewa tersebut.

Kota Yogyakarta atau yang lebih sering disebut Jogja itu merupakan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini adalah kota besar yang mempertahankan konsep tradisional dan budaa Jawa.

Tempat wisata di kota penghasil gudeg ini pun terus bertambah dan berkembang karena menjadi pilihan bagi banyak para wisatawan yang melancong ke kota ini. Berikut ini tempat wisata di Jogja yang cocok untuk healing dirangkum dari berbagai sumber.

Grojogan Lepo Dlingo

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Grojogan Lepo Dlingo. (Foto : Raskita.com)

 

Grojogan Lepo Dlingo merupakan tempat wisata di Jogja yang berlokasi di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul. Nama Grojogan Lepo diambil dari singkatan Ledok Pokoh. 

Akses jalan dari pusat Kota Yogyakarta menuju Kecamatan Dlingo cukup mudah dan kondisi jalan sudah diaspal. Namun ketika sudah sampai di jalanan yang melewati kawasan perkampungan menduduk kondisi jalan memang makin sempit dan sebagian berupa jalan cor semen. 

Keunikan dari Grojogan Lepo ini adalah memiliki 3 air terjun dan 4 kolam dengan kedalaman yang bervariasi. Kolam pertama memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dan terdapat tempat khusus meloncat. 

Kolam kedua memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa, di bagian kola mini terdapat air terjun yang paling tinggi. Kolam ketiga berupa kolam kecil yang dikelilingi batuan dan sangat cocok bagi yang tidak bisa berenang.

Embung Nglanggeran

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Umbul Nglanggeran. (Foto : Eksotisjogja.com)

 

Embung Nglanggeran merupakan tempat wisata di Jogja yang terletak di desa Nglanggeran, Bukit Patuk, Gunung Kidul. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus mendaki puluhan tangga yang berkelok-kelok. Namun, semua itu terbayar dengan pemandangan yang super indah.

Obyek wisata Embung Nglanggeran sendiri merupakan bendungan air dengan luas 0,34 hektar. Embung ini digunakan sebagai pengairan kebun buah durian dan kelengkeng milik warga.

Embung Nglanggeran merupakan salah satu tempat wisata populer yang terletak sekitar 1,5 kilometer dari gunung api purba.

Air Terjun Luweng Sampang

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Air Terjun Luweng Sampang. (Foto : JadwalTravel.com)

 

Air Terjun Luweng Sampang adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang dijuluki sebagai hidden gem di daerah Gunung Kidul. Air terjun ini berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul.

Begitu tiba di lokasi, wisatawan akan disambut dengan air terjun setinggi 5 meter dengan relief batuan kapur di kanan kirinya. Suara deru air terjun yang jatuh bisa menjadi salah satu cara untuk kamu menenangkan diri.

Bahkan, lokasi wisata ini kerap dijuluki sebagai Grand Canyonnya Jogja. Konon, air terjun ini merupakan salah satu tempat petilasan pertapaan Sunan Kalijaga.

Watu Giring

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Watu Giring. (Foto : Jogjacar.com)

 

Tempat wisata di Jogja yang satu ini masih jarang diketahui oleh wisatawan. Watu Giring berlokasi di Jelok, Sambirejo, Pacarejo, Keamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. 

Watu Giring menyajikan pemandangan menakjubkan dari deretan batuan kapur dari bekas galian tambang batu gamping yang sudah tidak beroperasi lagi. 

Destinasi ini sangat asyik untuk nongkrong dan bersantai bersama teman-teman dan cocok bagi yang ingin foto dengan latar belsakang pemandangan yang anti-mainstream. 

Akan lebih bagus lagi jika kamu melakukan pengambilan foto saat sunset. Sebab, cahaya kuning yang terlihat saat matahari tenggelam akan memberikan kesan dramatis. 

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir Rp 2 Ribu saja.

Pantai Kalong

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Pantai Kalong. (Foto : Visitingjogja.jogjaprov.go.id)

 

Berbeda dengan deretan wisata pantai lainnya, Pantai Pulau Kalong ni merupakan tempat wisata di Jogja yang sangat unik. Pengunjung tidak akan menemukan pasir putih, namun justru menemukan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. 

Daya Tarik Pantai Kalong semakin bertambah dengan adanya wahana kereta gantung dan jembatan untuk para pengunjung menyeberangi pantai menuju Pulau Kalong yang sangat menantang adrenalin. 

Pantai ini terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam, pengunjung cuma harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6 Ribu dan jika ingin menaiki kereta gantung kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 25 Ribu.

Blue Lagoon

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Blue Lagoon. (Foto : Phinemo.com)

 

Blue Lagoon merupakan tempat wisata di Jogja yang terletak di Widodomartani, Ngemplak, Sleman, yang tidak terlalu jauh dari kota Yogya. 

Destinasi wisata ini dipatok dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Dengan membayar tiket sebesar Rp2 Ribu, kamu sudah bisa menikmati berenang dan healing di lokasi yang sangat alami ini. 

Sebenarnya, mulanya tempat ini bernama Pemandian Tirta Budi. Namun, anak muda mengenalnya sebagai Blue Lagoon karena airnya yang jernih dan biru.

Kedung Pedut

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Kedung Pedut. (Foto : travelspromo.com)

 

Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Jogja yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. 

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang unik berupa air terjun dengan dua warna putih dan biru tosca. Perpaduan dua aliran air yang indah itu membentuk kolam air dengan warna yang sangat menarik. 

Jika mengunjungi obyek wisata yang satu ini, kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Kawasan Kedung Pedut masih alami di pegunungan dan belum banyak terjamah. 

Namun, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung saat musim hujan karena jalanan akan sedikit licin. Untuk bisa healing di tempat ini, kamu hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp3 Ribu.

Puncak Segoro

 

img_title
tempat Wisata di Jogja Puncak Segoro. (Foto : Sikidang.com)

 

Puncak Segoro merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Puncak Segoro sendiri artinya adalah di atas lautan. 

Tempat ini merupakan objek wisata baru di Gunungkidul yang berlokasi si sebuah tebing yang mengarah ke laut.

Para wisatawan yang ke Puncak Segoro akan disuguhi dengan pemandangan birunya laut lepas. Puncak Segoro ini juga menjadi tempat yang pas untuk berburu sunset. 

Ada banyak spot foto menarik di Puncak Segoro ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang gemar berfoto ria untuk dibagikan di media sosial. Lokasi ini juga cocok untuk kamu yang ingin healing dan menenangkan diri.

Taman Tempuran Cikal

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Taman Tempuran Cikal. (Foto : Visitingjogja.jogjaprov.go.id)

 

Taman Tempuran Cikal menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Sajian pesona kolam dengan air yang jernih dan pemandangan alam yang hijau pastinya akan merefresh pikiran dan jiwa anda.

Untuk menikmati wisata alam Taman Tempuran sendiri kalian cukup membayar biaya retribusi tiket masuk sebesar Rp.5 Ribu per orang. dengan biaya parkir kendaraan Rp.5 Ribu untuk mobil dan Rp.2 Ribu untuk motor.

Sedangkan jika anda ingin menikmati wahana permainan air seperti cano. Ada biaya tambahan sebesar Rp.5 Ribu.

Curug Pulosari

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Curug Pulosari. (Foto : Eksotisjogja.net)

 

Curug Pulosari merupakan tempat wisata di Jogja yang berlokasi di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kecamatan Bantul, DIY.

Destinasi yang satu ini merupakan wisata air terjun memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat healing dan menyendiri di Jogja. 

Curug Pulosari adalah sebuah wisata air terjun yang ukurannya cukup besar. Suasana di sini sangatlah asri dan tenang. 

Dengan mengunjungi tempat ini, kamu bisa menenangkan diri sambil bersantai menikmati indahnya gemericik air dan asrinya pepohonan hijau.

Pantai Kesirat

 

img_title
Tempat Wisata di Jogja Pantai Kesirat. (Foto : Seringjalan.com)

 

Pantai Kesirat adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang juga cocok untuk healing dan menyendiri. Pasalnya, pantai ini tidak memiliki banyak pengujung sehingga suasananya terbilang cukup sepi.

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Kesirat adalah sore hari karena kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik sambil menggalau sendirian.