Best World Boxing tvOne: Dua Tahun Depresi, Jermall Charlo Kembali dan Sukses

Best World Boxing tvOne: Dua Tahun Depresi, Jermall Charlo Kembali dan Sukses
Best World Boxing tvOne: Dua Tahun Depresi, Jermall Charlo Kembali dan Sukses (Foto : USA Today)

Oleh:
M. Nigara
Wartawan Tinju Senior
Komentator tvone

Antv- tvOne kembali menayangkan partai come back nya Jermall Charlo, ahad (3/12/23), mulai o9.oo dalam Best World Boxing. Lawan yang dihadapi Jose Benavidez, kakak kandung David Benavidez, juara dunia sementara WBC Super Middleweight.

Partainya sendiri sudah berlangsung, Sabtu (25/11/23) waktu Michelob Ultra Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika, atau Ahad (26/11/23) pagi WIB serta Live di tvOne. Untuk memuaskan hati para penggila tinju dunia di tanah air, tvone kembali menayang ulang.

Sebelum partai itu berlangsung, terjadi tarik-menarik yang keras di kubu Jermall. Maklum, sejak laga terakhirnya (19/6/21) vs Juan Macias Montel, meski menang angka mutlak, persoalan besar menerpa Jermall. Petinju kelahiran Lafayette, Luciana, Amerika, 33 tahun silam itu, mengalami depresi.

Kesibukan yang tidak biasa sontak terjadi. Dokter dan akhli kesehatan langsung diterjunkan. Akhirnya disimpulkan the Hitman telah mengalami depresi berat. Tidak hanya itu, sang juara dunia WBC, kelas menengah, ternyata juga terjangkit penyakit Bipolar. Menurut catatan:  Bipolar adalah Suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati mulai dari posisi terendah depresif/tertekan ke tertinggi/manik.

Penyebab pasti gangguan bipolar tidak diketahui, namun kombinasi genetika, lingkungan, serta struktur dan senyawa kimia pada otak yang berubah mungkin berperan atas terjadinya gangguan.

Sejak itu, Jermall diminta untuk tidak lagi manggung. Jangankan bertanding, berlatih saja ia dilarang. Keguncangan makin terasa mengganggu Jermall, kontrak yang sudah ditandatangani untuk menghadapi juara sejati kelas menengah super, Saul Canelo Alvarez, pasti berantakan. (Kontrak itu akhirnya dilanjutkan kembarannya Jermell Charlo, dan kalah saat bertarung dengan Canelo dalam laga yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, 30/9/23).

Tak Sabar

Dokter sudah menyatakan Jermall sembuh dan bisa kembali bertarung. Namun tidak dengan pihak keluarga. Mereka takut ada side efect yang berakibat fatal.

Namun setelah pihak keluarga bisa menerima, giliran Jermall yang terlalu antusias telah menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Butuh waktu khusus untuk bisa menenangkan dan memberi pemahaman agar ia tidak terlalu menggebu.

Betul, butuh keseriusan untuk bisa tampil baik. Betul waktu 23 bulan yang terbuang, butuh dikejar. Tapi, jika terlalu berlebihan, efek samoingnya bisa lebih berbahaya.

"Sungguh, saya tidak sabar," kata Jermall seperti dikutip Boxing Scene.

Hebatnya, meski absen hampir dua tahun, gelar juara WBC Midlleweight yang disandang Jermall tidak dicopot. Mauricio Sulaiman, Presiden WBC memberi alasan tidak dicopot, karena sang juara terkena serangan penyakit mental. Selain itu, ia percaya bahwa Jermall pasti bisa kembali bertarung.

Sikap yang terkesan mengistimewakan Jermall, diprotes oleh beberapa pihak. Tapi hal itu tidak dihubris oleh putra Jose Sulaikan, Presiden WBC pertama. "Kalau tak suka, pilih saja badan tinju lainnya, " tukas Mauricio dengan senyum.

Tentu tidak mudah bagi mereka. Apalagi WBC adalah badan tinju yang diakui dunia sebagai badan yang paling baik.

Seperti apakah pertarungannya? Jangan tinggalkan tvone, ahad pagi. Selain Jermall, David Benavidez kakak kandung Jose Benavidez yang jadi lawan Jermall, akan bertarung dengan Demetrius Andrade.

Pertarungan yang sayang jika dilewatkan... selamat menikmati tinju dunia hanya di tvOne, bukan di tv yang lain....