Asian Para Games 2022: Suparni Yati Sumbang Medali Pertama Indonesia

Atlet Tolok Peluru, Suparni Yati
Atlet Tolok Peluru, Suparni Yati (Foto : Dok. NPC Indonesia)

Antv – Harapan Indonesia untuk mendapatkan medali pertama di ajang Asian Para Games 2022 akhirnya terwujud. Kepingan medali perdana itu disumbangkan oleh Suparni Yati dari cabor atletik nomor tolok peluru F20. Suparni Yati mencatatkan tolakan terbaik kedua sehingga berhak atas medali perak.

Bertanding di Huanglong Sports Centre Stadium, pada Senin, 23 Oktober 2023, Suparni Yati mencatatkan lemparan sejauh 11,12 meter. Di posisi pertama ditempati oleh Reina Hori asal Jepang dengan jarak lempar 11,93 meter sekaligus merebut medali emas. Atlet Malaysia Noor Imaninq Binti Idris berada di posisi ketiga dengan catatan 11,08 meter sekaligus meraih perunggu.

Kepala pelatih para-atletik, Slamet Widodo bersyukur Suparni bisa menyumbang medali pertama bagi Indonesia karena selama perlombaan Suparni menghadapi lawan berat berasal dari Jepang.

“Alhamdulillah, Suparni bisa menyumbangkan medali perak bagi Indonesia. Prestasi Suparni tetap stabil meskipun di Asian Para Games 2018 mendapat emas, sekarang perak. Karena memang banyak peserta seperti seperti dua atlet baru dari Jepang,” ungkap Slamet.

Performa Suparni Yati dalam partai final tolak peluru F20 juga dipengaruhi oleh kondisi kaki yang pernah cedera pada tahun 2019.

“Kendalanya Suparni karena kakinya sempat cedera sehingga tidak bisa tampil maksimal. Padahal kekuatan lengannya bagus, tetapi dorongan kakinya kurang maksimal akibat cedera tersebut,” terang Slamet.

Meski demikian, melalui Slamet, diakui Suparni merasa senang atas capaian medali perak yang Ia persembahkan untuk Merah Putih.