Asian Para Games 2022: Amankan 10 Emas, Para-catur Kunci Gelar Juara Umum

Atlet Para-catur Asian Para Games 2022
Atlet Para-catur Asian Para Games 2022 (Foto : Dok. NPC Indonesia)

Antv – Tim para-catur Indonesia berhasil mengunci gelar juara umum cabor para-catur Asian Para Games 2022 Hangzhou. Kepastian itu diperoleh usai punggawa para-catur Indonesia menambah perolehan medali emas dalam laga yang digelar di Hangzhou Qi-Yuan Chess Hall, pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Tim para-catur Indonesia berhasil membawa pulang 10 medali emas, 7 medali perak dan 8 medali perunggu. Torehan ini membuat nama Indonesia berada di posisi tertinggi di rangking para-catur AiPG 2022. Posisi kedua di peringkat ditempati Thailand dan di nomor ketiga Iran. 

Di nomor beregu putri catur cepat PI RND 7, tim Indonesia yang diperkuat Lilis Herna, Yuni Yula dan Farta Simanja Nasip meraih medali emas. Nomor beregu putri catur cepat VI-B2/B3 RND 7, Khairunnisa, Yumna Budiarti Farah dan Wijayanti Putri Brahmana Aisah juga mendapat medali emas.

img_title
Atlet Para-catur Asian Para Games 2022. (Foto: Dok. NPC Indonesia)

Medali emas terakhir untuk Indonesia mampu diamankan oleh Khairunnisa di nomor individual catur cepat VI-B2/B3 RND 7. Atlet muda para-catur Indonesia Khairunnisa tak menyangka dirinya akan membawa pulang emas baik di kategori beregu maupun individual. Terlebih ini merupakan emas pertama yang dia peroleh untuk kategori individu.

“Rasanya senang tidak terkira soalnya Nissa belum pernah mendapat medali emas perorangan. Di nomor beregu juga bisa bantu tim meraih medali. Pokoknya saya melakukan yang terbaik, benar-benar jaga poin Nissa biar enggak jatuh ke tangan orang,” ucap Khairunnisa.

Sementara itu medali perak berhasil didapat Satrio Gayuh, Hartono Adji dan Jumadi di nomor catur cepat beregu putra VI-B2/B3 RND7. Perak lain juga datang dari nomor beregu VI-B1 RND7 yang diperkuat Tita Puspita, Halawa Yustina dan Wilma Margareta Sinaga.