Asian Para Games 2022: Kontingen Indonesia Pecahkan 13 Rekor Hingga Lampaui Target

Kontingen Indonesia Pecahkan 13 Rekor di Asian Para Games 2022
Kontingen Indonesia Pecahkan 13 Rekor di Asian Para Games 2022 (Foto : Dok. NPC Indonesia)

AntvKontingen Indonesia mencapai prestasi luar biasa dalam ajang Asian Para Games 2022 yang berlangsung pada 22-28 Oktober 2023 di Hangzhou, China. Sejumlah prestasi membanggakan ditorehkan oleh kontingen Indonesia. Selain mampu melampaui target 19 medali emas, pasukan olah raga Merah-Putih juga sukses memecahkan 13 rekor baru.

Dalam daftar perolehan medali terakhir AiPG Hangzhou 2022, Indonesia urutan keenam AiPG dengan rincian 29 medali emas, 30 medali perak dan 36 medali perunggu dengan total 95 medali dari 12 cabor yang diikuti. 

Chef de Mission Kontingen Indonesia, Angela Tanoesoedibjo mengatakan mengapresiasi atlet Indonesia yang mampu meraih dan mengukir prestasi di Asian Para Games 2022.

“Atlet Indonesia berhasil memecahkan 13 rekor yakni delapan rekor Asian Para Games, 3 rekor Asia dan 2 rekor dunia. Bahkan Roma Siska yang meraih emas pertama dalam sejarah judo tunanetra Indonesia pada Asian Para Games serta emas pertama boccia oleh Felix Ardi Yudha,” ucap Angela Tanoesoedibjo dalam jumpa pers di Hangzhou, pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

img_title
Atlet Para-catur Asian Para Games 2022. (Foto: Dok. NPC Indonesia)

Lebih lanjut Angela menjelaskan, terciptanya sejumlah rekor dan prestasi, tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang telah dilakukan bersama baik Kementerian Pemuda dan Olahraga, NPC Indonesia dan seluruh pihak yang terlibat termasuk tim baik pelatih, manajer dan ofisial. 

“Apresiasi setinggi-tingginya bagi para atlet yang sudah berjuang dari klasifikasi, kualifikasi dan final. Tidak kalah penting kontribusi pelatih dan tenaga pendukung. Pencapaian ini adalah bukti usaha tidak pernah mengkhianati hasil,” tambah Angela.