One Pride MMA 73: Kisah Parli Tunena, Dari Guru Olahraga yang Berambisi Juara

Parli Tunena
Parli Tunena (Foto : One Pride MMA)

AntvOne Pride MMA kembali mengadakan tur bertajuk ‘Local Pride’. Semarang menjadi tempat perhelatan duel sengit petarung-petarung MMA terbaik Tanah Air. One Pride MMA 73 Semarang bakal berlangsung pada Sabtu, 07 Oktober 2023 pukul 22.00 WIB Live di ANTV.

Salah satu pertarungan sengit yang bakal tersaji adalah  duel antara Parli Tunena kontra Gideon Manurung di kelas Strawweight Bout.

Namun, sebuah fakta menarik lahir dari Parli Tunena. Ia membuktikan bahwa menjadi seorang petarung Mixed Martial Arts (MMA) tidak selalu harus memiliki latar belakang atlet bela diri.

Parli Tunena merupakan petarung yang berprofesi sebagai guru juga bisa menjadi atlet MMA profesional. Ia petarung dari Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, yang memiliki latar belakang guru olahraga.

Siapa sangka Parli Tunena memiliki keseharian sebagai guru olahraga di sebuah sekolah di Halmahera Utara. Bahkan, pria kelahiran Desa Leleoto, Kecamatan Tobelo Selatan ini sebelumnya adalah seorang guru berstatus honorer.

"Saya guru olahraga. Sebelumnya status honorer, tapi tahun ini bersyukur sudah menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," ujar Parli yang mengakui delapan tahun mengabdi sebagai guru honorer.

Parli baru kemudian terjun menjadi petarung MMA profesional melalui ajang One Pride MMA sejak tahun 2018 sampai sekarang.