Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2023: Indonesia Peringkat Kedelapan, Ungguli Negara ASEAN

Edgar Xavier Marvelo
Edgar Xavier Marvelo (Foto : NOC Indonesia)

AntvKontingen Indonesia terus menambah perolehan medali di ajang Asian Games 2023 Hangzhou. Hingga Senin, 25 September 2023, Indonesia masih menempati peringkat kedelapan perolehan medali.

Pada Minggu, 24 September 2023 kemarin, Kontingen Indonesia berhasil meraih medali perak dari cabor Wushu lewat Edgar Xavier Marvelo dari nomor changquan putra.

Edgar sukses mempertahankan medali perak dari nomor changquan (tangan kosong) disiplin taolu (seni) cabang olahraga wushu. Raihan tersebut didapat setelah dirinya meraih nilai 9,786 atau selisih 0,054 dari tuan rumah Sun Peiyuan yang berhak atas emas dengan raihan 9,840. Perunggu didapat oleh Song Chi Kuan (Makau-China) dengan nilai 9,760.

Pemuda berusia 24 tahun ini tak menyangka. Dua pekan lalu, ia baru saja naik meja operasi akibat cedera punggung. Rasa sakit tersebut sebenarnya sudah dirasakan sejak SEA Games 2017 Kuala Lumpur tetapi kian parah dan terasa sepulangnya dari FISU World University Games, Agustus lalu.

“Saya sempat melewati titik terendah sebelum berangkat ke sini. Saya ragu, bisa gak sih. Itu belum persiapan karena waktu tinggal 10 hari (menuju Asian Games). Aku tanya mama, ma siap gak sih aku? Mama bilang bisa, dan kalau mama bilang bisa, ya aku pasti bisa. Itu yang selalu aku pegang,” kata Edgar.

Sementara tiga medali perunggu Indonesia seluruhnya diperoleh dari cabang dayung. Pasangan Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri jadi penyumbang medali pertama Indonesia di Asian Games 2023.

Chelsea Corputty/Mutiara Rahma Putri meraih perunggu dari nomor lightweight women's double sculls. Dua medali perunggu tambahan dari dayung didapat dari nomor men's double sculls dan men's eight.