Kesuksesan Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 Jadi Pembicaraan di Kongres IWUF ke-16

Sekjen PB WI Ngatino bersama Presiden IWUF Ghao Zhidan
Sekjen PB WI Ngatino bersama Presiden IWUF Ghao Zhidan (Foto : Dok. PB WI)

Antv – Kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 di Bumi Serpong Damai (BSD), Banten menjadi pembicaraan pada Kongres Federasi Wushu Internasional (IWUF) ke-16 di Fort Worth, Texas, AS. Pasalnya, even bergengsi tersebut digelar pertama secara langsung setelah pandemi Covid 19 melanda dunia. 

Hal itu disampaikan Presiden IWUF Gou Zhongwen dalam pidatonya ýang dibacakan Wakil Presiden IWUF Mr. Fok Chun Wan. Kehadiran Kejuaraan Wushu Junior Dunia secara offline pertama pasca pandemi itu dianggap spesial karena hadirnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara pembukaan. 

Tidak hanya itu, Gou Zhongwen menyebut antusiasme dan semangat para atlet muda yang hadir itu membuatnya semakin yakin bahwa wushu pasti akan berkembang pesat di seluruh dunia, dengan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"PB WI pimpinan Pak Airlangga Hartarto merasa terhomat atas penghargaan IWUF yang mengakui Indonesia sukses menggelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 dan menyebut kehadiran Presiden Jokowi," kata Sekjen PB WI Ngatino yang hadir di Kongres IWUF tersebut. 

img_title
Kongres Federasi Wushu Internasional. (Foto: Dok. PB WI)

Presiden IWUF Gou Zhongwen juga menjelaskan IWUF secara aktif memanfaatkan peluang pengembangan di era pascapandemi, untuk mempercepat peningkatan kecerdasan. Mulai dari promosi media digital, manajemen digital hingga penerapan Al dalam promosi wushu, melakukan upaya untuk mengurangi jarak kita ke olahraga Olimpiade lainnya. 

"Ketika IWUF melanjutkan Program Solidaritasnya, kami mengirimkan sejumlah besar peralatan ke puluhan negara untuk mendukung perkembangan aktivitas wushu di federasi anggota.