Wushu Indonesia Raih Tiga Medali Pada Kejuaraan Dunia Wushu 2023 Di Amerika Serikat

Wushu Indonesia raih tiga medali pada Kejuaraan Dunia di Amerika
Wushu Indonesia raih tiga medali pada Kejuaraan Dunia di Amerika (Foto : istimewa)

Antv – Timnas Wushu Indonesia yang dibentuk Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto berhasil merebut satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Wushu 2023 Amerika Serikat.

"Alhamdulillah, Timnas Wushu Indonesia sudah mengantongi satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Luar biasa perjuangan Harris Horatius dan Seraf Naro Siregar. Mudah-mudahan atlet-atlet lain mengikuti jejak keduanya,” kata Sekjen PB WI, Ngatino.

“Prestasi yang dicapai di Kejuaraan Dunia ini tidak terlepas dari support penuh Pak Airlangga Hartarto dan juga dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam menjalankan program pelatnas secara berkesinambungan," tambahnya.

Hal senada juga dilontarkan Pelatih Kepala.Timnas Wushu Indonesia Novita. "Alhamdulillah anak-anak sampai saat ini dapat menampilkan performa yang baik di tengah padatnya event yang diikuti di tahun 2023 ini. Semoga atlet-atlet lainnya dapat tampil baik sehingga menambah pundi-pundi medali bagi Timnas Wushu Indonesia," kata Novita.

Tampil di Convention Hall Forth Worth Dallas, Amerika Serikat, Minggu, 19 November 2023, atlet Taolu andalan Indonesia, Harris Horatius yang sehari sebelumnya meraih perak nomor Nangun Putra sukses mengukuhkan dirinya sebagai Raja Nandao. Dia menjadi yang terbaik sekaligus meraih emas dengan mengumpulkan nilai 9,796 poin. Medali perak direbut Huang Jun Hua dari Macao dengan mencatat 9,783 poin dan medali perunggu diraih Lau Chi Lung dari Hongkong dengan mengantongi 9,770 poin.

Sayangnya, prestasi Harris Horatius ini gagal diikuti Seraf Naro Siregar. Turun di nomor nomor Changquan putra, Harris Horatius hanya menyumbangkan medali perak dengan mencatat nilai 9,803 poin. Medali emas direbut Wong Weng Son dari Malaysia dengan mencatat nilai 9,826 poin dan Clement Sun Wei juga dari Malaysia merebut perunggu dengan 9,800 poin.

Dengan hasil ini, Harris Horatius sukses meningkatkan prestasi yang dicapainya pada Asian Games 2022 Hangzhou. Saat itu, Harris Horatius merebut medali emas nomor Nanquan dan Nangun dengan mengumpulkan total nilai 19,506 poin. Ia mengalahkan wakil Korea Selatan Lee Yongmun yang meraih total nilai 19,472 poin dan Chi Lung Lau dari Hongkong merebut perunggu dengan total nilai 19,463 poin. Begitu juga Seraf Naro yang sukses.memperbaiki prestasinya. Pada Asian Games 2022 Hangzhou, Seraf Naro hanya meraih medali peruggu di nomor yang sama.