Menanti Lawan Indonesia di FIFA U-17, Erick Thohir: Timnas Harus Siap Fight dan Bernyali Tinggi

Zainudin Amali, Presiden Jokowi dan Ketum PSSI Erick Thohir
Zainudin Amali, Presiden Jokowi dan Ketum PSSI Erick Thohir (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Undian Piala Dunia U-17 2023 bakal diselenggarakan di Zurich, Swiss, pada Jumat, 15 September 2023 malam pukul 21.00 WIB. Aura positif diapungkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir jelang momen penentuan calon-calon lawan Tim Garuda Muda.

"Yang pasti ada tantangan ketika Indonesia masuk di Pot 1 sebagai tim unggulan. Tapi mau bilang apa, itu previlege sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, jauh hari kami di PSSI sudah menyiapkan agar Timnas Garuda Muda ini benar-benar layak berada di posisi unggulan." ujar Erick Thohir, pada Kamis, 14 September 2023 di Jakarta.

"Program pelatnas selama sebulan lebih di Jerman menjadi bagian penting, selain dukungan dengan keberadaan Frank Wormuth dan sepakbola Jerman, serta klub Dortmund yang siap mematangkan tim," ucapnya melanjutkan.

Pengundian akan dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza, didampingi mantan pemenang Piala Dunia FIFA U‑17 1995, Stephen Appiah dan Julio Cesar, yang tampil di final edisi 1995, bertindak sebagai asisten.

img_title
Timnas Indonesia U-17 vs Korea Selatan U-17. (Foto: Dok. PSSI)

Acara akan digelar di markas besar FIFA tanpa menghadirkan perwakilan peserta dan pihak tuan rumah penyelenggara turnamen. Mekanisme drawing pun berbeda dengan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang batal terselenggara di Indonesia. 

Dalam pengundian FIFA U-17, sebanyak 24 tim dari enam konfederasi dibagi dalam enam grup. Masing-masing grup berisi empat tim. Indonesia selaku tuan rumah otomatis masuk dalam pot 1. Tim Garuda Muda juga akan ditempatkan di Grup A.