Akuatik Indonesia Catat Sejarah, Kali Pertama SEA Age Group Championship Lombakan 3 Cabor

45th SEA Age Group Championship 2023
45th SEA Age Group Championship 2023 (Foto : Dok. Akuatik Indonesia)

Antv – Baru saja berganti nama dan logo, Federasi Akuatik Indonesia Dibawah Pimpinan Anindya Bakrie sudah mencatatkan diri dalam sejarah sebagai negara pertama yang melombakan tiga cabang olahraga sekaligus pada ajang 45th SEA Age Group Championship 2023.

Selama 44 tahun penyelenggaraan, SEA Age Group Swimming Championship hanya melombakan cabang olahraga renang saja. Dan kali pertama akan melombakan tiga cabang olahraga yakni renang, polo air dan loncat indah yang akan berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, 24-26 Agustus 2023.

"Pembinaan akuatik di Asia Tenggara ingin berkembang pesat, untuk itu itu tidak hanya renang seluruh negara di Asia Tenggara sepakat untuk melombakan lebih dari satu cabang olahraga. Dan Indonesia menjadi pelopor sebagai negara pertama yang melombakan tiga cabor yakni renang, polo air dan loncat indah," ucap Wakil Ketua Umum Akuatik Indonesia, Harlin E.Rahardjo

Dijelaskan Harlin E.Rahardjo ajang 45th SEA Age Group Championship diikuti delapan negara ASEAN yakni tuan rumah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan Kamboja.

"Indonesia memberanikan diri mengajukan ide terobosan dan ini mendapat support dari negara lain. Rencana ini sudah lama dibahas dan diputuskan pada rapat SEAA di SEA Games Kamboja lalu. Semoga kedepannya tidak hanya tiga cabor, tapi lebih," papar Harlin yang juga menjabat Bendahara dan Komite Eksekutif di Federasi Akuatik Asia Tenggara atau SEAA.

"Nantinya akan ada hampir 600 atlet peserta yang akan hadir di Indonesia dengan rincian 410 atlet dari cabang renang. Kemudian sekitar 100 peserta polo air dan 65 peserta dari loncat indah," papar Harlin.

"Indonesia punya fasilitas kolam GBK standart Asian Games, jadi kita tidak menemui kesulitan untuk melombakan tiga cabor. Ada kolam renang, kolam polo air, kolam loncat indah yang punya fasilitas bagus," imbuh Sekjen PB PRSI, Ali Patiwiri.