Menpora Sebut Suksesnya IBL 2023 Berdampak ke Seluruh Ekosistem Basket Indonesia

Prawira Harum Bandung Juara IBL 2023 Usai Kalahkan Pelita Jaya Jakarta
Prawira Harum Bandung Juara IBL 2023 Usai Kalahkan Pelita Jaya Jakarta (Foto : Dok. Kemenpora)

Antv – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menyebut suksesnya IBL 2023 akan berdampak kepada seluruh ekosistem basket Indonesia. Hal itu disampaikan Ia sampaikan usai menyaksikan laga final game kedua IBL 2023.

Final IBL 2023 mempertemukan Prawira Harum Bandung melawan Pelita Jaya Jakarta di GOR C-TRA Arena, pada Sabtu, 22 Juli 2023 malam. Pertandingan pun dimenangkan oleh Prawira Bandung setelah berhasil mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta 63-58.

img_title
Prawira Harum Bandung vs Pelita Jaya Bakrie. (Foto: IBL 2023)

Gelar juara ini begitu dinantikan masyarakat Kota Kembang yang terakhir kali berpesta pada 1998 saat Panasia Indosyntec jadi juara. Wajar jika para pemain dan juga fans merayakannya dengan suka cita.

Usai laga final itu, Piala IBL 2023 dibawa legenda basket Bandung Firmansyah untuk diserahkan kepada Menpora Dito Ariotedjo. Dito didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, dan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

"Secara penyelenggaraan, saya kira IBL 2023 ini sudah sangat baik, apalagi paska pandemi Covid 19. Dan sistem home dan away ini terbukti bisa lebih mengangkat gairah ketika tim menjadi tuan rumah," ucap Dito, dilansir dari laman resmi Kemenpora pada Senin, 24 Juli 2023.

"Sukses IBL ini pasti akan memiliki dampak kepada ekosistem olahraga basket di Indonesia," tambahnya.