Perjuangan! Cerita Shayne Pattynama Demi Membela Timnas Indonesia

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama (Foto : Instagram @s.pattynama)

Antv – Pemain Naturalisasi, Shayne Pattynama bercerita bagaimana rumitnya proses perpindahan kewarganegaraan demi membela Timnas Indonesia. Pemain 24 tahun tersebut tak bisa menyembunyikan rasa senangnya usai menjalani debut.

Shayne Pattynama menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday saat menghadapi Argentina pada 19 Juni 2023 lalu. Shayne tampil selama 45 menit dengan mengisi posisi bek kiri.

img_title
Shayne Pattynama. (Foto: Instagram @s.pattynama)

Pada akhirnya, mimpi Shayne untuk membela Timnas Indonesia menjadi nyata. Baru-baru ini, dia menceritakan kepada media Belanda rumitnya proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Agen saya, Fardy Bachdim, menelepon saya pada Februari 2022 ketika saya menjalankan persiapan musim di Amerika Serikat bersama Viking. Dia mengatakan pelatih Timnas Indonesia ingin memanggil saya. Dua hari kemudian, saya diberitahu bahwa semuanya akan diatur, sehingga saya bisa mendapatkan paspor saya,” ujar Shayne, dilansir dari Voetbal Zone, pada Jumat, 30 Juni 2023.

“Ternyata sangat rumit. April menjadi Juni, Juni menjadi Oktober, dan pada akhirnya hampir satu setengah tahun. Saya harus memberikan semua jenis surat-surat, termasuk akte kelahiran ayah saya. Saya terbang ke Indonesia tiga kali untuk mendapatkan surat-surat tertentu dari kedutaan. Kesabaran saya diuji,” sambungnya.

“(Upacara naturalisasi) juga spesial. Saya harus pergi ke Indonesia selama dua hari untuk upacara itu. Momen itu terjadi di sela-sela persiapan bersama Viking FK. Klub memberikan lampu hijau dan pada akhirnya semuanya selesai,” tambahnya.