Garuda Muda: Its Now or Never

Garuda Muda: Its Now or Never
Garuda Muda: Its Now or Never (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Tim Nasional PSSI U-23 (Garuda Muda) ingin terbang tinggi, berharap lolos ke final, dengan mengalahkan Uzbekistan di semifinal AFC Cup U-23, Senin (29/4/2024) malam, di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Qatar.

Itu bukan cuma asa penggemar sepak bola, juga seluruh warga Indonesia. Harapan itu sangat wajar, mengingat Garuda Muda memiliki kualitas dan peluang menang dari Uzbekistan.

Tapi tentu tidak mudah. Menurut data, Uzbekistan adalah tim langganan juara di ajang Piala Asia U-23. Mereka juara pertama tahun 2018, juara empat tahun 2020, dan juara dua tahun 2022.

Sekarang, di Piala Asia 2024, Uzbekistan, belum terkalahkan, mencatat empat kemenangan. Hebatnya lagi mereka mencetak 12 gol, tanpa gawangnya kebobolan. Padahal lawannya tim-tim hebat.

Di babak penyisihan grup, Uzbekistan menang 2-0 atas Malaysia, lalu 5-0 atas Kuwait, dan 3-0 dari Vietnam. Kemudian di Babak 8 Besar, Uzbekistan mengalahkan juara bertahan Arab Saudi 2-0.

Data itu menunjukan Uzbekistan tim tangguh, raksasa Asia. Mereka kokoh di lini pertahanan, kreatif di lini tengah dan  produktif menyerang. Mereka rata-rata mencetak tiga gol di setiap pertandingan. Luar biasa.

Memang, melihat empat penampilan sebelumnya, mesti diakui Uzbekistan punya kualitas teknis, setengah tingkat, di atas Garuda Muda. Negara pecahan Uni Soviet itu, bakal sulit diimbangi, apalagi dikalahkan.