Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Ketum PSSI Erick Thohir Akan Melobi FIFA

Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Erick Thohir Akan Melobi FIFA
Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Erick Thohir Akan Melobi FIFA (Foto : Instagram @pssi)

Antv – Ketua Umum PSSI yang juga Ketua LOC, Erick Thohir akan berusaha melobi FIFA terkait dibatalkannya drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023.

PSSI tak berani berandai-andai soal bagaimana status Indonesia sebagai host, usai batalnya pengundian tersebut.

“Kita belum berani berbicara persentase karena dengan dibatalkannya drawing ini kemunduran atau sebagainya. Penetapan grup sudah berubah. Kita tidak tahu bagaimana kondisi terkini. Pastinya, Pak Erick akan lakukan diplomasi pendekatan ke FIFA," ujar Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga dalam jumpa pers yang digelar Minggu (26/3/2023) sore.

Arya Sinulingga mengungkapkan belum ada surat resmi dari FIFA terkait pembatalan acara drawing tersebut. Namun informasinya sudah didapat dari panitial lokal.

“Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA ke LOC (Panitia Lokal), dalam pemberitahuan belum ada surat resmi tapi sudah jelas bahwa drawing Piala Dunia U-20 telah dibatalkan FIFA. Keputusan berasal dari mereka," bukanya.

Berkaitan dengan bagaimana posisi pemerintah menyikapi perkembangan terkini, Arya mengatakan pihaknya juga masih belum mendapat informasi yang jelas.

“Kami juga belum tahu. Kalau yang terlihat, pemerintah tak sama sekali berniat mundur. Kami dari PSSI sebagai penyelenggara tetap jalan. Yang terjadi saat ini pemerintah daerah yang tidak bisa menerima dan menjamin penyelenggaraan itu."

Soal potensi hukuman sanksi, PSSI tidak mau berandai-andai. Namun Arya kemudian menyinggung sanksi yang pernah diterima Indonesia dari FIFA pada tahun 2015 silam.

“Kita yang mengajukan. Kita melanggar sendiri kesepakatan yang diteken saat mengajukan. Pada 2019 kita bersepakat dengan FIFA, kemudian tiba-tiba di pengujung kita minta macam-macam. Ini jadi sebuah pelanggaran, bentuknya apa belum bisa diketahui," tandasnya.