FIFA Berikan Pujian Untuk Indonesia Dibawah Komando Ketua Umum Erick Thohir

Dramatis! Timnas Indonesia Dipastikan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Usai Oman Ditahan Imbang Kirgistan 1-1
Dramatis! Timnas Indonesia Dipastikan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Usai Oman Ditahan Imbang Kirgistan 1-1 (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Federasi sepakbola tertinggi dunia atau FIFA memberi perhatian khusus dengan memuji perkembangan sepakbola Indonesia terkait meroketnya rangking Indonesia. Dalam rangking FIFA terbaru periode 15 Februari-4 April 2024, dibawah Ketua Umum PSSi Erick Thohir, Timnas Indonesia adalah tim dengan peningkatan peringkat tertinggi serta poin terbesar.

FIFA-pun optimis, Timnas Indonesia sepakbola putra optimis bisa mewujudkan target menembus peringkat 100 besar dunia.

Dalam situs resminya, FIFA memberikan pujian dengan membuat artikel berjudul "Indonesian Footbal is making good progress". Dua hal yang menjadi sorotan FIFA adalah sukses Indonesia menggelar Piala Dunia FIFA U-17 dan juga rangking dunia FIFA yang meroket.

Skuad pelatih Shin Tae-yong meroket delapan posisi dari peringkat ke-142 menjadi ke-134. Tim berjulukan Skuad Garuda itu juga memperoleh 30,04 poin. Pencapaian Timnas Indonesia ini berasal dari dua kemenangan atas Timnas Vietnam dalam Grup A putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada akhir Maret 2024.

"Target jangka pendek kita adalah tembus rangking 100 besar dunia. Jika kita terus membina sejak usia muda, target jangka panjang kita adalah lolos kualifikasi putaran final Piala Dunia, bukan menjadi tuan rumah, namun menjadi peserta putaran final," papar Ketum PSSi, Erick Thohir dalam artikel FIFA tersebut.

Selain itu juga disebutkan terkait bantuan FIFA yang akan membangun sarana pemusatan latihan di Ibukota Nusantara (IKN). FIFA telah menggelontorkan bantuan untuk Indonesia mencapai USD 5,65 juta. Dana ini juga digunakan untuk membangun sarana pemusatan latihan di IKN yang akan selesai Juni mendatang.