Fakta Menarik Terkait Keabsahan Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Pertama Mencicipi Piala Dunia

Pemain Timnas Indonesia U-20
Pemain Timnas Indonesia U-20 (Foto : Instagram @pssi)

Antv – Sebuah fakta yang tak terbantahkan jika Timnas Indonesia merupakan negara pertama dari kawasan Asia yang tampil di ajang Piala Dunia. Jika masih ada yang ragu, sudah saatnya menutup buku kebimbangan itu.

Pada Piala Dunia 1938 silam, Timnas Indonesia ikut berpartisipasi menggunakan nama Hindia Belanda. Wajar jika hingga kini masih banyak yang mempertanyakan keabsahan fakta di atas.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menegaskan, Indonesia pernah mengikuti kejuaraan sepak bola antarnegara tersebut. Bahkan, di laman itu juga dituliskan jika Indonesia ialah negara Asia pertama yang mengikuti piala dunia.

 

Fakta tersebut tertukis dalam sebuah artikel berjudul "Dutch East Indies: Asia’s first World Cup participants" terbitan tanggal 5 Juni 2020 dijabarkan bagaimana keikutsertaan Indonesia dalam pesta sepak bola empat tahunan tersebut.

"Faktanya, tim pertama dari Asia yang ambil bagian di Piala Dunia ketiga pada tahun 1938 di Prancis, tetapi sejak itu agak memudar penampilannya. Hal itu seharusnya tidak mengejutkan karena negara yang dimaksud adalah Hindia Belanda, yang sekarang dikenal sebagai Indonesia," demikian dikutip dari laman tersebut.