Rekam Jejak Kamila Andini Sebagai Salah Satu Sutradara Terbaik di Indonesia

Kamila Andini
Kamila Andini (Foto : Istimewa)

Antv – Kolaborasi Bioskop Online dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF18) masih terus berjalan. 

Setelah merilis program Film Pendek 17 Sutradara Perempuan Bercerita, yang membuka kolaborasi Bioskop Online dengan JAFF18, dan Roadshow di 4 kota, kini hadir sebuah program baru yaitu Focus On: Kamila Andini yang bisa ditonton di Bioskop Online.

Program ini adalah sajian yang dihadirkan secara khusus untuk merayakan konsistensi Kamila Andini di industri film Indonesia dan ia adalah salah satu sutradara wanita yang kerap mendapatkan apresiasi penghargaan atas karya-karyanya. 

“Melalui sajian program ini, harapannya pencinta sinema Indonesia dapat menikmati sekaligus membaca rekam jejak karya Kamila Andini sebagai salah satu sutradara perempuan Indonesia yang telah berkarya lebih dari 20 tahun dengan kisah-kisah yang dekat serta visi artistik yang unik. Ia rutin mendapatkan apresiasi baik di kancah nasional maupun internasional,” ungkap Ajeng Parameswari selaku Presiden of Bioskop Online.

Sejak 2011, melalui film The Mirror Never Lies (Laut Bercermin), nama Kamila Andini mulai menjadi langganan di daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI). 

Hingga pada 2022, karya filmnya yang berjudul Before, Now & Then (Nana) mendapatkan penghargaan sebagai Film Cerita Panjang Terbaik FFI 2022. 

Film karya Kamila lainnya, Yuni, ditayangkan perdana di Toronto International Film Festival 2021 dan memenangkan Platform Prize.