Terungkap! Ini Nama Asli Shah Rukh Khan Sebelum Tenar Menjadi Superstar Bollywood

Terungkap! Ini Nama Asli Shah Rukh Khan Sebelum Tenar Menjadi Superstar Bollywood
Terungkap! Ini Nama Asli Shah Rukh Khan Sebelum Tenar Menjadi Superstar Bollywood (Foto : Kolase Istimewa)

AntvSuperstar Bollywood Shah Rukh Khan atau biasa dikenal sebagai SRK, diketahui lahir pada 2 November 1965. Dia jarang sekali menggunakan nama asli dalam setip kesempatan.

Aktor yang juga mendapat julukan "Baadshah of Bollywood", "King of Bollywood" atau "King Khan" ini, ternyata memang memiliki nama asli yang diberikan orang tuanya saat baru dilahirkan.

Dari beberapa literatur yang ada disebutkan bahwa nama asli Shah Rukh Khan adalah Abdul Rashid Khan.

Namun, seperti yang terlihat dalam sebuah video, Shah Rukh Khan mengaku jika neneknya sering memanggilnya Abdul Rahman.

Mari kita simak videonya berikut ini:


Diketahui, dalam kiprahnya di industri hiburan India, Shah Rukh Khan tercatat sering menjadi pembawa acara televisi dan sudah tampil dalam lebih dari 80 film Bollywood.

Suami Gauri Khan itu juga diketahui sudah meraih sejumlah penghargaan atas dedikasinya di dunia film, termasuk 14 Penghargaan Filmfare.

Khan memiliki penggemar berjumlah signifikan di Asia dan diaspora India di seluruh dunia.

Dalam hal jumlah audien dan pemasukan, ia disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia, karena nyaris semua film yang dibintanginya menembus box office.

Khan memulai kariernya dengan tampil dalam beberapa serial televisi pada akhir 1980-an.

Ia kemudian melangkah untuk debut Bollywood-nya pada 1992, dengan film 'Deewana'.

Pada awal kariernya, Khan dikenal karena memerankan peran-peran jahat dalam film-film Darr (1993), Baazigar (1993) dan Anjaam (1994).

Ia kemudian naik daun setelah membintangi serangkaian film percintaan, yang meliputi 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' (1995), 'Dil To Pagal Hai' (1997), 'Kuch Kuch Hota Hai' (1998), 'Mohabbatein' (2000) dan 'Kabhi Khushi Kabhie Gham...' (2001).

SRK meraih sambutan meraih atas perannya sebagai seorang pemabuk dalam film 'Devdas' (2002), seorang ilmuwan NASA dalam film 'Swades' (2004), seorang pelatih hoki dalam film 'Chak De! India' (2007) dan seorang pria pengidap sindrom Asperger dalam film 'My Name Is Khan' (2010).

Film-film berkeuntungan tertingginya meliputi film-film komedi Chennai 'Express' (2013) dan 'Happy New Year' (2014), 'Pathaan', 'Jawan' dan 'Dunki' yang diraihnya pada tahun 2023 lalu.

Beberapa filmnya berisi tema-tema identitas nasional India dan hubungan dengan komunitas diaspora, atau perbedaan dan keragaman gender, ras, sosial dan agama.

Untuk kontribusinya pada perfilman, Pemerintah India menganugerahinya dengan Padma Shri, dan Pemerintah Prancis menganugerahinya dengan Ordre des Arts et des Lettres dan Légion d'honneur.

Pada 2015, Khan menjadi salah satu ketua dari perusahaan produksi perfilman Red Chillies Entertainment dan subsidier-subsidiernya, dan salah satu pemilik dari tim kriket Liga Primer India Kolkata Knight Riders.

Ia adalah seorang presenter televisi dan pementas acara panggung. Media sering menyebutnya sebagai "Brand SRK" karena beberapa pendutaan dan pabean kewirausahaannya.

Karya filantropik Khan menyediakan perawatan kesehatan dan pemulihan bencana, dan ia dianugerahi penghargaan Pyramide con Marni oleh UNESCO pada 2011 atas dukungannya terhadap pendidikan anak-anak.

SRK giat tampil dalam daftar-daftar tokoh paling berpengaruh dalam budaya India, dan pada 2008, Newsweek mengangkatnya menjadi salah satu dari lima puluh tokoh paling berkuasa di dunia.

Pada Agustus 2017, SRK menjadi pemeran berbayaran tertinggi kedelapan di dunia, dan berbayaran tertinggi di India, menurut Forbes.