Jadi Lagu Terakhir, Now And Then Milik The Beatles Siap Rilis Bulan November

The Beatles
The Beatles (Foto : Instagram/johnlennon)

Antv – The Beatles akan merilis lagu Now And Then pada Kamis, 2 November 2023 mendatang.

Lagu ini menjadi bagian dari single yang dipasangkan dengan Love Me Do, single The Beatles pertama yang dirilis pada tahun 1962 di Inggris.

Now And Then berasal dari kumpulan demo yang belum pernah dirilis yang sama yang ditulis oleh mendiang John Lennon, yang diambil oleh mantan rekan bandnya untuk membuat lagu Free As a Bird dan Real Love, yang dirilis pada pertengahan 1990-an.

Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison mengerjakan Now And Then di sesi yang sama, namun keterbatasan teknologi menghalanginya.

Dengan bantuan kecerdasan buatan, sutradara Peter Jackson mengatasi masalah tersebut dengan "memisahkan" vokal asli Lennon dari piano yang digunakan pada akhir tahun 1970-an. 

Vokal yang lebih jernih memungkinkan McCartney dan Starr menyelesaikan lagu tersebut tahun lalu. Para penyintas mengemas banyak hal ke dalamnya.

Single baru ini berisi gitar yang direkam Harrison hampir tiga dekade lalu, bagian drum baru oleh Starr, dengan bass McCartney, piano, dan solo gitar slide yang dia tambahkan sebagai penghormatan kepada Harrison, yang meninggal pada tahun 2001.