Demi Lestarikan Budaya Gamelan, Gus Imin Ingin Musik Gamelan Masuk Ekstrakulikuler di Sekolah

Demi Lestarikan Budaya Gamelan, Gus Imin Ingin Musik Gamelan Masuk Ekstrakulikuler di Sekolah
Demi Lestarikan Budaya Gamelan, Gus Imin Ingin Musik Gamelan Masuk Ekstrakulikuler di Sekolah (Foto : antvklik-Aziz Arriadh)

Antv – Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Gus Imin) kembali melanjutkan safari kampanyenya di jawa timur, Pada Sabtu (30/12) sore. Kali ini giliran mengunjungi tempat pengrajin gamelan di Kecamatan Karang Rejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Pada kunjunganya kali ini, Gus Imin menginginkan alat musik gamelan perlu di lestarikan, dan di promosikan di tingkat nasional hingga Internasional. Yaitu dengan memasukan budaya Gamelan kedalam ekstrakulikuler di setiap sekolah, tak hanya Jawa namun juga di seluruh Indonesia.

"Saya kira semua ya se-indonesia harus diwajibkan ekstrakurikuler tersedia termasuk tradisi dan budaya Jawa dan budaya-budaya lainnya yang ada di Indonesia pilihan-pilihan," ujar Gus imin.

 Menurutnya para pengrajin gamelan saat ini juga tengah kesulitan untuk memasarkan alat musik asli jawa ini. Ia menilai perlu di promosikan secara masiv agar peminat gamelan semakin meningkat.

"Tentu promosi dari seni dan budaya sendiri harus mulai dikencangkan lagi bagaimana caranya agar budaya dan tradisi gamelan musik yang turun temurun yang telah punya usia yang panjang di tanah air kita terus terjaga otomatis produk gamelan ini akan laku," tambahnya.

Pelestarian seni dan budaya-budaya di Indonesia nantinya juga akan menjadi fokus program tim Amin jika terpilih di pemilu di tahun 2024 nanti.