Sang Maestro Musik Pankaj Udhas Meninggal Dunia, Kisah Shah Rukh Khan Dapat Upah 50 Rupee Terungkap

Sang Maestro Musik Pankaj Udhas Meninggal Dunia, Kisah Shah Rukh Khan Dapat Upah 50 Rupee Terungkap
Sang Maestro Musik Pankaj Udhas Meninggal Dunia, Kisah Shah Rukh Khan Dapat Upah 50 Rupee Terungkap (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Kisah perjalanan karir superstar Bollywood Shah Rukh Khan yang mendapatkan upah pertamanya sebanyak Rs 50 (setara Rp9.500), saat menjaga konser Pankaj Udhas kembali terungkap, saat sang maestro musik itu meninggal dunia.

Pankaj Udhas, sang maestro ghazal yang telah menyentuh jutaan hati, menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin, 26 Februari 2024, di usia 72 tahun, warisan musiknya akan abadi.

Namun, di antara sorotan dan penghormatan yang mengalir, terungkaplah sebuah cerita yang jarang diketahui, tentang peran Pankaj Udhas dalam perjalanan awal Shah Rukh Khan.

Pada suatu konser yang digelar oleh Pankaj Udhas, Shah Rukh Khan ditempatkan sebagai penjaga pintu masuk untuk memeriksa tiket menonton konsernya.

Siapa sangka, pekerjaan sederhana ini akan menjadi awal dari perjalanan gemilang Shah Rukh Khan di dunia hiburan.

Untuk jasanya sebagai penjaga pintu, Shah Rukh Khan menerima bayaran sebesar 50 Rupee (setara Rp9.500), sebuah nilai kecil yang memiliki makna besar dalam sejarahnya.

Pada tahun 2017, ketika mempromosikan filmnya 'Raees,' Shah Rukh Khan berbagi kisah masa lalunya dengan penuh nostalgia.

"Saya telah melakukan perjalanan jauh sejak masa mudaku. Saya ingat dengan jelas, penghasilan pertama saya datang dari konser Pankaj Udhas. Saya bekerja sebagai penjaga pintu masuk. Kami hanya mendapat Rs 50, tapi itu berarti segalanya bagi kami. Kami bahkan pergi ke Taj Mahal untuk merayakannya," kenangnya dengan penuh emosi.

Diketahui, pada Senin (26/2/2024), putri Pankaj Udhas, Nayaab Udhas, menggunakan media sosialnya untuk mengumumkan berita duka.

"Dengan sedih kami sampaikan bahwa Padma Shri Pankaj Udhas telah meninggalkan kita pada tanggal 26 Februari setelah melawan penyakit yang berkepanjangan," bunyi pernyataan keluarga Udhas.

Kehilangan Pankaj Udhas tidak hanya dirasakan oleh keluarga, tetapi juga oleh industri musik India secara keseluruhan.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyatakan, "Ghazal-gazal dari Pankaj Udhas menyentuh jiwa. Kehilangannya akan meninggalkan kekosongan yang tidak tergantikan. Om Shanti."

Upacara terakhir untuk menghormati penyanyi legendaris ini dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Februari 2024, menandai akhir dari perjalanan seorang maestro dalam dunia musik.