Tayang Perdana di Korea Selatan, Serial Gadis Kretek Bikin Bangga Indonesia

Tim Serial Gadis Kretek
Tim Serial Gadis Kretek (Foto : Busan International Film Festival)

Antv – Serial Netflix Gadis Kretek akhirnya tayang secara perdana di gelaran acara Busan International Film Festival (BIFF) 2023, di Korea Selatan pada 5 Oktober 2023.

Dua episode pertama serial ini ditonton oleh lebih dari 500 tamu festival bersama sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, beserta empat pemeran utamanya, yaitu Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, dan Putri Marino.

“Senang sekali melihat antusiasme penonton hari ini di BIFF. Semoga Gadis Kretek bisa menambah warna cerita yang kami hadirkan dari Indonesia, kisah cinta berpadu latar belakang industri kretek dari tanah tempatnya tumbuh,” ujar Kamila Andini, selaku sutradara Gadis Kretek.

img_title
Kamila Andini. (Foto: Busan International Film Festival)

“Perayaan Gadis Kretek di Busan International Film Festival ini bukan cuma selebrasi bagi Netflix Indonesia, tapi selebrasi sinema Indonesia dan para talenta yang terlibat di dalamnya,” ujar Rusli Eddy, Content Lead Indonesia, Netflix.

“Tidak berhenti di sini, Netflix akan terus berkomitmen untuk mempersembahkan konten yang menghibur dan berkualitas baik dari sisi produksi maupun cerita.”

Diangkat dari novel karya Ratih Kumala, Gadis Kretek memiliki lima episode dan menghadirkan Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), perempuan yang gemar meracik saus kretek dan menjalin cinta dengan Soeraja (Ario Bayu) tapi kemudian terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.