Panji Petualang Idap Penyakit Diabetes, Berat Badannya Turun 30 Kg

Panji Petualang
Panji Petualang (Foto : Instagram: @panjipetualang_real)

Antv – Lama tak terdengar, kondisi kesehatan Panji Petualang menuai simpati banyak orang. Hal tersebut dikarenakan pria yang gemar menjelajah alam dan berinteraksi dengan hewan buas itu terlihat semakin kurus dan lesu.

Pemilik nama lengkap Muhammad Panji itu dikabarkan menderita penyakit diabetes dan memutuskan untuk berhenti dari kegiatan di televisi. Panji mengungkap bahwa penyakit diabetes yang dideritanya itu berkaitan dengan faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat.

Panji pertama kali divonis diabetes pun mengaku sangat kaget. Bahkan dirinya sempat stress hingga kekebalan tubuhnya menurun.

"Nah di situ aku langsung ngedrop, karena aku tuh jarang sakit paling tipes gitu kan, sekalinya kena vonis diagnosa diabet, waduh itu benar-benar kayak yang 'hah diabet?'. Tapi emang ada genetik dari bapak, dan waktu Ramadhan lalu pola hidup aku emang kurang sehat," ungkap Panji Petualang dikutip dari VIVA, Jumat, 11 Agustus 2023.

Tak hanya itu, Panji juga mengaku jika dirinya mengidap diabetes kering yang membuat luka di badannya cepat sembuh. Berbeda dengan diabetes basah yang biasanya luka di tubuh pasien akan cepat membesar hingga dapat membusuk, maka dari itu kebanyakan pasien yang menderita diabetes basah dilarang untuk terluka di bagian tubuhnya.

 

img_title
Panji Petualang. (Foto: Instagram: @panjipetualang_real)