Pemutaran Perdana Film 'Oppenheimer' di Inggris Diwarnai Aksi Mogok Para Aktor Utama

Pemutaran Perdana Film 'Oppenheimer' di Inggris Diwarnai Aksi Mogok
Pemutaran Perdana Film 'Oppenheimer' di Inggris Diwarnai Aksi Mogok (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Para aktor pemeran utama film terbaru sutradara Christopher Nolan, "Oppenheimer", melakukan aksi mogok dengan meninggalkan pemutaran film tersebut di London.

Aksi itu dilakukan di tengah-tengah pemutaran perdana, sebagai bentuk solidaritas atas pemogokan yang dilakukan oleh serikat aktor Hollywood.

Pada Kamis (13/7/2023), Screen Actors Guild-Federasi Artis Radio dan Televisi Amerika (SAG-AFTRA) memilih untuk bergabung dengan para penulis naskah dalam pemogokan bersama pertama.

Aksi itu terjadi setelah mereka gagal mencapai kesepakatan untuk kontrak baru dengan studio dan layanan streaming, yang diwakili oleh Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP).

Pemutaran perdana film 'Oppenheimer' di London, film epik Nolan tentang J Robert Oppenheimer, fisikawan teoritis yang dikenal sebagai salah satu penemu bom atom, dihadiri oleh para bintang utama seperti Cillian Murphy, Florence Pugh, Matt Damon, Emily Blunt, dan Ramy Malek yang menghiasi karpet merah.

Namun mereka pergi sebelum pemutaran film untuk mempersiapkan serangan yang akan segera terjadi, demikian diumumkan oleh pembuat film tersebut.

"Anda telah melihat mereka di sini sebelumnya di karpet merah. Sayangnya, mereka pergi untuk menulis tanda piket untuk apa yang kami yakini sebagai pemogokan yang akan segera dilakukan oleh Sag, bergabung dengan salah satu serikat pekerja saya, Writers Guild, dalam perjuangan untuk mendapatkan upah yang adil bagi para anggota serikat pekerja, dan kami mendukung mereka," ujar Nolan di atas panggung.

Pemutaran perdana juga dimajukan satu jam agar para pemeran dapat berjalan di karpet merah sebelum pengumuman dewan SAG.

Di acara karpet merah, Damon mengatakan kepada outlet berita Amerika, Variety, bahwa setelah pemogokan dilakukan, para pemain akan berjalan keluar sebagai bentuk "solidaritas".

"Kami sudah membicarakannya. Dengar, jika hal ini terjadi sekarang, semua orang akan berjalan sebagai bentuk solidaritas... Itulah mengapa kami memindahkan (karpet merah) ini karena kami tahu begitu dipanggil, kami akan pulang," ujar sang aktor.

"Kami memberikan otorisasi pemogokan. Kami memilih 98 persen banding 2 persen untuk melakukan hal itu karena kami tahu bahwa pimpinan kami mementingkan kepentingan kami," tambahnya.

Lawan mainnya, Blunt, mengatakan, "Jelas kami mendukung semua aktor dan pada titik mana pun itu disebut, kami akan pulang dan berdiri bersama melaluinya karena saya ingin semua orang mendapatkan kesepakatan yang adil."

Aksi mogok para aktor Hollywood ini merupakan aksi mogok pertama sejak tahun 1980. Ini juga merupakan kejadian pertama di mana dua serikat pekerja besar Hollywood melakukan pemogokan pada saat yang sama sejak tahun 1960.

Para anggota Writers Guild of America (WGA) telah mogok kerja sejak awal Mei, menuntut upah yang lebih baik, upah minimum yang lebih tinggi, lebih banyak penulis per pertunjukan, dan kontrak eksklusif yang lebih pendek di antara hal-hal lainnya.



Film 'Oppenheimer' akan dirilis di bioskop-bioskop di seluruh dunia pada tanggal 21 Juli 2023.