Sebut Musisi Tak Boleh Seenaknya Tentang Royalti, Once Mekel Dinilai Sindir Ahmad Dhani

Once Mekel
Once Mekel (Foto : ANTVKlik/R Camilla)

Antv – Baru-baru ini Ahmad Dhani melarang Once Mekel untuk membawakan lagunya saat bernyanyi di atas panggung. Apabila Once Mekel tetap membawakan lagu Dewa 19, Ahmad Dhani menyatakan dengan tegas akan menempuh dengan jalur hukum.

Dhani juga sempat menyinggung bahwa Once tidak pernah membayar royalti untuk setiap lagu miliknya yang pernah ia bawakan saat manggung. Namun, Once Mekel memiliki pandangannya sendiri terkait pembayaran royalti hak cipta sebuah lagu. 

Menurut Once, banyak musisi senior yang belum memahami dengan benar aturan pembayaran royalti. Namun, mereka terburu-buru menyampaikan opini yang akhirnya malah menyesatkan publik.

"Banyak juga orang-orang bahkan dari kalangan musisi senior, itu yang belum ngerti aturan. Lalu, bicara seenaknya dan membuat opini masyarakat tersesat dengan opini sesat yang mereka lontarkan kemarin," kata Once Mekel, melansir unggahan Instagram @mak_lamis, Rabu 29 Maret 2023.

Once mengetahui bahwa pemerintah Indonesia telah menetapkan aturan terkait pembayaran royalti hak cipta sebuah lagu. Ia bahkan menantang siapapun yang memahami urusan hukum untuk mengutarakan pendapatnya.

"Saya katakan bahwa aturan sudah ada, aturan hukum dan itu hukum positif. Jika Anda punya teman yang profesor atau ahli hukum, boleh berpendapat," tambahnya.

Lebih lanjut, Once menjelaskan bahwa pendistribusian royalti sebuah lagu atau musik telah diatur oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional. Oleh karena itu, seorang musisi tidak memiliki hak untuk meminta harga seenaknya karena harus mengikuti harga yang ditentukan oleh aturan.