Peringati HKN ke-59, Mentari Sehat Indonesia Tingkatkan Kesadaran Soal TBC

Peringati HKN ke-59, Mentari Sehat Indonesia Tingkatkan Kesadaran Soal TBC
Peringati HKN ke-59, Mentari Sehat Indonesia Tingkatkan Kesadaran Soal TBC (Foto : Dok. BCF)

Antv – Pada 12 November 2023, kita memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59 dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

Di berbagai daerah, HKN diperingati dengan beragam acara seperti yang dilakukan oleh Yayasan Mentari Sehat Indonesia. Mitra kolaborasi Bakrie Center Foundation (BCF), yang berdomisili di Semarang, Jawa Tengah. Yayasan Mentari Sehat Indonesia menjadi pusat perhatian pada peringatan HKN di Lapangan Pancasila Simpang Lima.

Kegiatan ini turut mengundang seluruh rumah sakit, institusi pendidikan, laboratorium, klinik, organisasi profesi, serta organisasi kemasyarakatan di Kota Semarang.

Sebagai komunitas pemerhati TBC, Yayasan Mentari Sehat Indonesia menawarkan layanan konsultasi gratis yang berfokus pada pencegahan dan promosi kesehatan terkait dengan Tuberkulosis, terutama untuk pemberian Terapi Pencegahan TBC (TPT) kepada anak-anak. Giat ini dibuka oleh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

“Ini merupakan momentum bagi seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan. Semoga dengan acara seperti ini, semakin banyak masyarakat yang peduli baik untuk kesehatan diri sendiri maupun lingkungan di sekitarnya,” jelas Hevearita saat membuka acara, Minggu (12/11/2023).

100 orang yang terdiri dari masyarakat umum, mengunjungi booth Yayasan Mentari Sehat Indonesia untuk mendapatkan edukasi seputar penyakit TBC serta melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kegiatan ini didukung oleh TB Rangers yang merupakan peserta magang dari program Bakrie Center Foundation, Campus Leaders Program batch 7, yang sejak Agustus 2023 melakukan magang di yayasan Menteri Sehat Indonesia.