Mengejutkan! Jessica Wongso Mengaku Dipaksa untuk Mengakui Membunuh Wayan Mirna

Mengejutkan! Jessica Wongso Mengaku Dipaksa untuk Mengakui Membunuh Wayan Mirna
Mengejutkan! Jessica Wongso Mengaku Dipaksa untuk Mengakui Membunuh Wayan Mirna (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso kini tengah menjadi perbincangan hangat pasca rilis di Netflix sejak Kamis, 28 September 2023.

Sebagaimana diketahui, film ini mengulas tentang kasus kontroversial yang terjadi pada 2016 lalu, yang menyebabkan tewasnya seorang wanita bernama Wayan Mirna Salihin.

Kematian Mirna disebut gegara ia mengonsumsi zat sianida, yang terkandung dalam kopi yang ia minum.

Adapun, nama Jessica Kumala Wongso yang merupakan kerabat dekat Mirna, pada akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Jessica Wongso mengungkapkan ketika dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang ditangani Polda Metro Jaya.

Dalam sidang ke-26 kasus kopi sianida, Jessica menceritakan dirinya mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya.

Jessica saat itu mengaku dirinya didatangi mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Irjen Pol Krishna Murti di dalam tahanan.

Krishna, kata Jessica, mengucap sumpah untuk menaruhkan jabatannya dalam menetapkan dirinya sebagai tersangka.

"Saya di datangi pak Krishna dia bilang ‘Saya turun ke tahanan sudah jatuhin harga diri saya’. Pak Krishna juga bilang ‘Saya tanda tangani surat penahanan kamu, bismilah dan berdoa, saya mempertaruhkan jabatan saya demi Allah," kata Jessica pada 28 September 2016 silam, seperti dikutip dari viva.co.id, Selasa (3/10/2023).  

Sembari meneteskan air mata, Jessica juga membongkar bahwa dirinya saat itu dipaksa untuk mengakui bahwa dirinya adalah pembunuh Mirna.

Jessica bahkan mengakui bahwa Krishna Murti sempat berkata soal hukuman yang akan dijatuhi jika dirinya mengakui hal tersebut.

"Dan dia juga ajak saya ngomong katanya ‘Mendingan kamu ngaku palingan kamu dihukum 7 tahun dan dipotong ini itu jadi sebentar, saya juga tidak akan kasih kamu dihukum seumur hidup atau mati,’ kata Jessica sambil menirukan perkataan Krishna Murti di hadapan majelis hakim.

Saat mendekam di dalam penjara, dirinya sempat mengalami depresi berat karena menganggap bahwa ruangan tahanan yang ditempati tidak layak dihuni tahanan.
Jessica juga mengakui tak mau bersosialisasi dengan tahanan lain karena takut menerima perundungan.  

"Pernah juga suatu malam, hujan besar. Banjir dan kecoa pada keluar semua, tapi saya tetap di situ. Saya stres, menderita, sangat tidak manusiawi saya empat bulan disitu. Dan saya diingatkan saat saya masuk (tahanan) katanya nanti saya dibully makanya saya takut sama tahanan lainnya,” kata Jessica.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, saat mesih berpangkat Kombes Krishna Murti, membantah memaksa Jessica Kumala Wongso mengaku membunuh Wayan Mirna Salihin.  

"Saya tidak pernah melakukan apa yang disampaikan pengacaranya. Bukan model saya melakukan hal-hal seperti itu," ucapnya di Jakarta.

Lebih lanjut Krishna menuturkan, pada pemeriksaan, ia hanya meminta Jessica mengatakan segala hal yang ia ketahui tentang kematian Mirna.

"Saya meminta dia berbicara sesuai fakta. Kalau tidak ingin bicara pun, tidak masalah sama sekali. Saya hanya memberinya kesempatan membeberkan fakta," tandasnya.