Alumini SMAN 1 Banjaran Gagas Berdirinya Hutan Kota Cegah Perubahan Iklim Ekstrem

Alumini SMAN 1 Banjaran Gagas Berdirinya Hutan Kota
Alumini SMAN 1 Banjaran Gagas Berdirinya Hutan Kota (Foto : antvklik-Suhendar)

Antv – Isu perubahan iklim atau climate change sudah menjadi fokus perhatian dunia, termasuk Indonesia.

Tak sedikit, 50 ribu kematian akibat perubahan iklim dunia termasuk cuaca ekstrem dan gelombang panas yang saat Ini melanda sejumlah negara di berbagai belahan dunia.

Perubahan iklim yang semakin panas hingga terjadi gelombang panas yang terjadi disejumlah negara, Ikatan Alumni (IKA) SMAN 1 Banjaran Kabupaten Bandung, menggagas gerakan penyelamatan lingkungan.

Para alumni SMAN 1 Banjaran, tepatnya pada tanggal 25 Juni mendatang, akan mendeklarasikan komitmen dalam upaya penyelamatan lingkungan, dimana salah satunya adalah menggagas berdirinya hutan-hutan kota disetiap kecamatan di Kabupaten Bandung.

Tonggak berdirinya hutan kota yang digagas oleh para alumni SMAN 1 Banjaran ini, dimulai dengan penanaman ratusan pohon di area terbuka di Dome Bale Rame Komplek Gedung Budaya Sabilulungan di Soreang.

"Ini adalah langkah kecil dari kami para alumni SMAN 1 Banjaran, untuk turut serta mencegah terjadinya bencana akibat perubahan iklim. Dimana perubahan iklim ini telah merenggut lebih dari 50 ribu nyawa manusia" kata Ketua Pelaksana Reuni Akbar 2023 SMAN 1 Banjaran, Fery RF di Banjaran, Jumat (23/6/2023).

Fery RF mengatakan, aksi kepedulian Semesta Adalah Kita menjadi bagian Langkah kecil dari para alumni untuk mencegah adanya bencana akibat adanya perubahan iklim di dunia yang telah merenggut 50 ribu nyawa manusia.

“Perjanjian Paris merupakan kesepakatan global yang monumental untuk menghadapi perubahan iklim. Komitmen negara-negara dinyatakan melalui Natonally. DeterminedContributon (NDC) untuk periode 2020-2030, termasuk Indonesia," ujar Fery.

Dengan adanya Reuni Akbar 2023 Semesta Adalah Kita, kami ingin turut menciptakan hutan kota di Kabupaten Bandung, termasuk mengajak masyarakat luas untuk lebih sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan yang baik dan sehat.

Dikatakan Fery, reuni akbar SMAN 1 Banjaran 2023 ini, sengaja diberi tema "Semesta Adalah Kita", sebagai  bentuk kesadaran spiritual untuk mengajak semua orang, soal pentingnya menjaga kelestarian alam dan mencintai alam semesta.